TENTANG WITAKSARA

Assalamualaikum...

Selamat Datang di Catatan Wita


Wah terima kasih ya temans sudah mau mampir di blog ini. Meskipun masih mentah sekali tapi saya berharap blog ini akan tumbuh dan berkembang dengan pesat seperti jamur di musim hujan :D

Perkenalkan saya Marwita Oktaviana, seseorang di balik witaksara. Saya bekerja sebagai teman bermain siswa di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di kota Lamongan. Bermain-main dengan beberapa mesin produksi membuat saya tumbuh menjadi seseorang yang sedikit tomboy dan grasa grusu. Siswa dan teman kerja laki-laki semua jadi saya kurang memiliki teman curhat. Masa iya curhat sama cowok? nanti si dia cemburu :D, itulah sebabnya saya lebih suka menuliskan curhatan saya, dan blog ini salah satu yang bisa saya gunakan sebagai media.

foto dibalik witaksara

Hayooo coba tebak saya yang mana? foto ini diambil saat peluncuran antologi move on bersama kontributor di perpusda Lamongan. 

Tumbuh dengan memori tentang berbagai cerita rakyat dan legenda dari bapak dan ibu membuat saya suka sekali berimajinasi dan membayangkan tokoh-tokoh yang beyond expectation, nggak jarang malah aneh. Ini membuat saya lebih nyaman di ranah fiksi. 

Menulis puisi, cerpen atau cerbung bagi saya lebih terasa nyaman dibanding jika harus menulis non fiksi. Beuhh risetnya itu lohhh. Tapi dengan media blog ini saya mulai belajar menulis non fiksi. Semoga kian hari kian terasah, Aminnn.

Alasan Di Balik Nama Witaksara

Nah kenapa witaksara? awalnya memang punya banyak stok nama yang mau dijadikan nama blog menggantikan nama yang lama. Kata ini muncul dari ide adik ipar. Witaksara berasal dari dua kata wita (nama panggilan saya) dan aksara. Nama ini semacam berkah bagi saya, pas banget. Witaksara berarti tempat saya menuangkan gagasan melalui pergumulan aksara-aksara yang terangkai dalam kata. Asekkkk.

Semoga nanti aksara-aksaraku akan mampu dibaca oleh banyak orang dan menginspirasi mereka. Menjadi orang yang bermanfaat adalah pesan yang sering disampaikan oleh bapak. Mungkin saya bisa menjadi bermanfat dari aksara-aksara saya, semoga ya.

Untuk judul blognya karena memang random alias gado-gado jadi saya tambahkan Wita's personal blog di sana. Memang sih kalau punya niche yang pas akan lebih baik. Tapi di blog pertama saya ini masih tahap belajar jadi isinya campur aduk. Pas pengen nulis puisi ya isinya puisi, pas mau nulis tips ya isinya tips. Bukankah beragam itu indah? (ngeles aja nih maunya :D)

Tentang icon yang menjadi brand witaksara

Pemberian ikon pada blog memiliki alasan yang beragam, salah satunya adalah untuk branding. Nggak asik dong kalau klik link blog lalu yang muncul logo blogger? itulah sebabnya dengan ilmu desain yang cetek saya coba bikin favicon.

logo blog witaksara.com
Favicon witaksara

As simple as i am faviconnya hanya inisial awal dari witaksara. Dengan pena bulu sebagai pelengkap. Kenapa pena, karena memang kan ini adalah sarana untuk menuliskan apa-apa yang menjadi unek-unek di kepala dan dicerminkan melalui kata-kata. Saya juga tipikal orang kuno jadi sangat suka melihat ada film yang salah satu scene nya ada orang yang menulis pakai pena bulu. Antik dan elegan.

header witaksara
Header witaksara



Warna monokrom memang sengaja saya pilih. Lagi-lagi kembali pada ke-simple an saya. Mau bikin yang warna-warni susah juga mendeskripsikan warna yang pas. Seperti yin yang, baik dan buruk, hitam dan putih adalah pengingat bagi saya bahwa di dunia ini ada hukum timbal balik. Hitam adalah ketiadaan cahaya sedangkan putih adalah penyatuan berbagai warna. Ketika hitam membiaskan putih maka pelangi adalah jawabannya. Saya ingin menjadi pelangi itu. Berwara-warni menyegarkan bagi yang melihat. Semoga tidak terlalu muluk khayalan saya. :D

Label di witaksara.com

Karena blognya adalah lifestyle blog dan saya penggemar fiksi jadi label yang digunakan juga ada banyak. Sebenarnya nggak efektif juga sepertinya. Tapi ilmunya masih kurang ini, jadi ya sebisanya dulu deh. Apa saja yang bisa dibaca di witaksara.com:
  • CERPEN
Berisi beberapa cerpen yang berhasil saya buat, dengan berbagai macam genre. Ada yang berhasil dimuat di media dan ada yang memenangkan lomba. Yang suka baca cerpen silahkan dinikmati.
  • PUISI
Label ini berisi puisi-puisi hasil tulisan saya, baik yang ditulis sesuai kaidah penulisan puisi maupun yang tidak alias pakai ilmu ngawur. 
  • CERITA RAKYAT
Label ini saya buat untuk menuliskan proyek naskah buku kedua saya yang berisi puisi yang terinspirasi dari cerita rakyat dari seluruh nusantara.
  • ARTIKEL
Nah yang ini adalah tulisan saya yang acak-adut karena masih belajar banget nulis non fiksi. Isinya dari tips dan hal-hal yang terjadi di sekitar.
  • REVIEW
Review berisi tentang catatan saya terhadap buku yang selesai saya baca. Ini juga masih belepotan karena saya sangat lemah di non fiksi dan sedang terus belajar.
  • TRAVELLING
Kalau label ini sih maunya nanti mengakomodasi hasil perjalanan-perjalanan saya mengunjungi muka bumi tapi belum bisa terwujud dengan baik. Semoga nanti ada waktu untuk mulai mengisi.

Meskipun belum semua postingan berhasil saya perbaharui tapi label di atas cukup mewakili apa saja jenis tulisan yang ingin saya bagikan. Silahkan berselancar di dunia imajinasi saya temans.

Beberapa hal yang menjadi best luck saya

Ada beberapa hal yang membuat saya makin gencar ingin menulis. Beberapa yang saya rasa sebuah kemujuran, karena saya tahu saya merasa masih belum layak ada di sana. Tetapi alhamdulillah diberi kepercayaan yang sangat besar. Apa saja best luck itu:
  • Masuk di kolom profil Radar Jawa Pos
  • Juara 4 lomba menulis cerpen yang diadakan oleh Tulis.me
  • Juara 1 lomba menulis puisi Diasda Lamongan
  • Juara 3 lomba menulis cerpen yang diadakan oleh CV. Ikut Lomba Kreasi Media
  • Juara 1 lomba menulis cerpen yang diadakan oleh Indie Literary Class
  • Juara favorit 1 lomba menulis cerpen yang diadakan oleh GandjelRel
  • dan beberapa karya dimuat di media massa dan media online serta tergabung dalam beberapa antologi
Kadang saya merasa tidak percaya bisa mendapat kepercayaan sebesar itu, siapa saya gitu lo. Wong menulis juga baru belajar ini, tapi tentu saja syukur selalu saya panjatkan pada Sang Pemberi Hidup. Semoga kelak diberi kepercayaan-kepercayaan yang lain, amin.

Alhamdulillah saya juga sudah mampu menerbitkan buku solo pertama saya dalam bentuk kumcer yang berjudul Berita di Satu Pagi. Buku ini diterbitkan oleh Embrio Publisher. Tentunya ini prestasi yang tidak saya duga-duga. Saat ini saya sedang berusaha menyelesaikan naskah buku kedua saya. Genrenya puisi yang berjudul Nusantara dalam Legenda. Semoga segera selesai dan naik cetak, amin.

Buku kumpulan cerpen karya marwita oktaviana



Kemana jika ingin mencari saya?

Selain mencoba aktif di blog saya juga memiliki akun media lain yang bisa teman-teman kunjungi. Berikut alamat-alamat yang bisa teman-teman singgahi:
  • Facebook di akun Marwita Oktaviana
  • Instagram di @marwita_oktaviana
  • Email wita.oktavian85@gmail.com
Barangkali teman-teman mau berkenalan atau menjalin kerja sama silahkan mengunjungi link-link di atas.

Selamat berkunjung di blog saya yang sederhana ini, semoga banyak manfaat yang bisa teman-teman dapatkan melalui blog ini. Salam kenal dan sampai jumpa :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar