Senin, 30 September 2019

QUINT


Nggak terasa sudah mau masuk Dhuhur aja nih. Sepagian muter melulu. Alhamdulillah keinget belum setor tulisan. Enaknya hari ini nulis apa ya?

Okelah aku bahas Quint aja ya...
Nah apa sih yang ada di benak kalian kalau aku bilang Quint?
Langsung terbayang seorang ratu yang cantik, atau aroma kerajaan nan mewah?

Tapi maaf banget nih, Quint di sini bukan Quenn untuk ratu ya. Quint itu salah satu jenis puisi baru. Terdiri dari lima baris per baitnya. Rima tergantung selera penulis sih ya. Tapi lebih bagus kalau rima nya ditata. Biar puisinya makin cantik dan legit dibaca.

Sudah ada yang pernah bikin puisi Quint???

Aku sempat bikin sih tapi entah bagus atau tidak, ini dia:

SENJA DAN KAMU

Senja yang teduh
Bukannya aku mengeluh
Pada ombak yang melabuh
Dan kapal-kapal bersauh
Mengapa tak juga patuh

Malam gemintang
Mungkin aku bimbang
Pada hati yang gamang
Dan resah berbilang
Mengapa tak juga terang

Sebentuk mata menyihir
Cinta perlahan hadir
Senyummu terukir
Membawaku ke titik nadir
Tak pantas kata terukir

Hey kamu
Gadis pencuri hatiku
Coba sebutkan namamu
Biar kurekat di pintu rindu
Kan kutunggu datangmu sebagai tamu

Puisi di atas masuk antologi MOVE OFF lo sobat.

Sekarang silahkan sobat semua mencoba membuat puisi Quint sendiri, kalau sudah boleh kok diposting di komentar. Mari giatkan literasi. Sampai jumpa besok.

6 komentar:

  1. Wuah ... baru tahu ada puisi quint😍

    BalasHapus
  2. Next q post jenis2 puisi yg lain kak

    BalasHapus
  3. Oooo... Yang ujungnya sama tuh namanya quint, yaaa... Ilmu baru, thanks, Kak.

    BalasHapus
  4. antologi move off? duh keren kan biasa on tapi ini off. oiyah aku baru tahu tentang puisi quint ini. beda dengan yang biasa hanya harus memiliki lima baris ya?

    BalasHapus
  5. Baru tahu lho ada jenis puisi Quint...btw, puisinya indah sekali rasanya sampai kehati

    BalasHapus
  6. Pernah denger juga tentang puisi haiku..eh ini dapet baru lagu. Mantuul

    BalasHapus