Halaman

Kamis, 14 November 2019

REVIEW CERPEN

Kali ini aku akan mencoba me review salah satu cerpen yang ada di www.ngodop.com. cerpen yang aku pilih berjudul "Sesuatu Yang Merasuki Lemariku" karya mbak Sabrina Lasama. Cerpen ini bercerita tentang seseorang yang dikaruniai anugerah bisa merasakan energi dari benda-benda. Salah satunya adalah lemari usang yang ada di kamarnya. Keistimewaannya itu bisa sampai melihat semua kisah yang pernah dialami oleh benda-benda tersebut. Sayangnya keistimewaan yang dia punya tidak mendapat respon yang cukup baik dari orang-orang disekitarnya. Di akhir cerita justru menimbulkan kesalahpahaman yang cukup fatal dan menyebabkan hilangnya nyawa salah satu tokoh tambahan.

Memiliki satu tokoh utama yaitu aku, seorang remaja 15 tahun yang bisa melihat dan merasakan energi dari benda yang disentuhnya. Dan tiga tokoh tambahan, yaitu Ayah, yang merupakan ayah kandung aku yang sering pergi ke luar kota untuk bertugas. Anita, istri dari ayah yang dibelakang ayah sering menerima tamu, selingkuhannya di rumah. Dan lemari usang yang seperti aku bilang, ada sesuatu yang merasuki lemari itu.

Plot yang digunakan pada cerpen kalau menurutku plot campuran karena berupa plot maju dengan beberapa bagian berisi flashback. Plot kesukaanku sih sebenarnya. Membuat pembaca menikmati cerpen dengan menyenangkan dan tidak bosan.

Sudut pandang yang digunakan pada cerpen ini adalah sudut pandang orang pertama. Dimana aku dikisahkan berkonflik batin dengan dirinya sendiri. Karena ketidakpercayaan orang sekitar tentang kemampuannya yang dapat merasakan energi dan melihat kisah-kisah dari setiap benda yang disentuhnya.

Latar yang divisualisasikan dalam cerpen ini adalah kamar seorang remaja berusia 15 tahun dengan sebuah lemari usang yang memenuhi sepertiga ruangan.

Secara tata bahasa aku sih cukup yakin mbak Sabrina sudah ahli dalam bidang ini. Tulisan tertata dengan baik dan sesuai dengan kaidah penulisan yang baku. Bahasanya mudah dimengerti, jadi sebagai pembaca tidak disulitkan untuk memahami kata-kata sulit.

Secara umum aku sangat menikmati membaca cerpen ini. Meskipun kisahnya agak sedikit horor, tapi idenya sangat segar. Bagiku yang sangat menyukai jenis tulisan fiksi fantasi, cerpen ini seperti nutrisi baru bagiku.

Buat teman-teman yang ingin membaca cerpen ini bisa dibaca langsung di http://www.ngodop.com/art/14/Sesuatu-yang-Merasuki-Lemariku

Aku tunggu cerpen selanjutnya ya mbak Sabrina. J

5 komentar: