BLANTERORBITv102

REVIEW CERPEN ANAK

Friday, December 13, 2019
Tugas pekan 4 kali ini adalah mengulas cerpen anak atau cerpen remaja. Aku memilih untuk mengulas cerpen anak, karena membuat cerpen anak buatku lebih sulit dibanding dengan cerpen remaja. Karena pada cerpen anak bagaimana kita mengolah kata yang mudah dipahami anak dan mengandung pesan tersembunyi di dalamnya agar mudah ditangkap anak sangatlah susah. Baiklah cerpen yang akan aku ulas adalah cerpen karya Fitriani Azizah yang berjudul “Tumpukan Sampah di Masa Depan”. Cerpen ini ditayangkan di website cerpen.com.

Tema yang diusung pada cerpen ini adalah tentang petualangan 3 orang anak yang sedang membuat mesin waktu dan salah satu dari ketiganya tidak sengaja terkirim ke tahun 2090. Namun untungnya saat anak yang terkirim tadi memakai jam tangan canggih di pergelangan tangannya maka dia akan bis akembali ke waktu sebelumnya dalam tempo 30 menit. Di tahun 2090 si anak tersebut menjumpai bumi yang kotor dan banyak sampah. Bertemu dengan dirinya sendiri di masa depan dan diberikan satu permintaan dari dirinya di masa depan untuk dapat memperbaiki bumi agar tidak rusak seperti yang ditampilkan di tahun 2090.

Tokoh pada cerpen ini ada 4. Tiga anak-anak dan 1 orang dewasa. Yang pertama bernama Deni. Deni adalah salah satu pembuat mesin waktu, anak yang pintar dan disiplin. Dia bertanggungjawab pada pembuatan mesin waktu tersebut dan menyuruh kedua temannya untuk menunggu di luar saat dia sedang mengecek kesiapan mesin waktu untuk digunakan. Termasuk anak yang perhatian pada detail karena sempat berpesan pada kedua temannya agar tidak memencet tombol merah selama dia sedang mengutak atik mesin di dalam. Yang kedua adalah Andi, andi adalah anak yang ceroboh dan suka semaunya sendiri. Tidak mengindahkan peringatan Deni dan membuang sampah sembarangan yang menyebabkan mesin waktu bekerja tidak pada waktunya dan menyebabkan Deni terkirim secara tidak sengaja. Yang ketiga adalah Sarah, satu-satunya tokoh perempuan di cerpen ini. Orang dewasa di cerpen ini adalah Deni di masa datang. Merasa sedih dengan keadaan bumi yang kotor dan tidak bisa ditinggali manusia sehingga menyebabkan manusia bertualang mencari tempat tinggal baru di planet lain.

Plot yang digunakan pada cerpen ini adalah plot maju yang diikuti dengan plot mundur saat Deni kembali dari petualangannya di tahun 2090 ke tahun saat ini dan meceritakan pengalamannya serta permintaan Deni di masa depan untuk menjaga kebersihan bumi.

Sudut pandang yang digunakan pada cerpen ini adalah sudut pandang orang ketiga. Jadi Deni dan kawan-kawan diceritakan dalam sudut pandang orang lain. Dalam sudut pandang orang ketiga, kadang kita tidak bisa mengerti tentang pergolakan batin tokoh secara langsung, tapi cukup sering digunakan pada pembuatan cerpen.

Latar yang divisualisasikan pada cerpen ini adalah salah satu ruang di rumah Deni tempat mesin waktu dibuat dan rumah Deni di masa depan yang penuh dengan sampah, tidak ada pepohonan dan air yang sangat kotor.

Penggunaan tata bahasa dalam cerpen ini sudah baik, sesuai dengan target konsumsi baca anak-anak dengan kosa kata yang sangat mudah dimengerti.

Secara umum cerpen ini mengandung pesan agar kita sebagai penghuni bumi bisa bijak bertindak dalam kehidupan sehari-hari dengan menjaga kebersihan. Caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, memelihara pohon, menjaga kebersihan air dan yang paling penting adalah tidak menggunakan bahan-bahan yang tidak pro pada alam dan dapat merusak alam, agar bumi tetap terjaga dan kita sebagai manusia bisa tinggal di dalamnya dengan aman dan terjamin.

Itulah ulasan cerpen untuk tugas pekan 4 kelas lanjutan fiksi ODOP Batch 7. Semoga tugas-tugas selanjutnya bisa terlaksana dengan baik.

Author

Marwita Oktaviana

Blogger, Book lover, Writing Enthusiast, A friend of a many students