Minggu, 28 Februari 2021

INGIN MAIN APA HARI INI : KENALI TIPE KARAKTER ANAK DULU

Bingung mau main apa dengan anak hari ini? 

Sejak pandemi menyerang seisi bumi setahun yang lalu saya jadi lebih punya banyak waktu untuk bersama anak-anak di rumah. Kebijakan WFO (work from home) membuahkan sesuatu yang baik. Salah satunya adalah waktu berkualitas bersama anak-anak.

Untuk saya dan orang-orang yang sudah dewasa pasti sudah bisa mengerti pentingnya social distancing dan isolasi mandiri di rumah selama pandemi. Tapi untuk anak-anak tentunya menjadi tantangan sendiri. Terlebih bagi anak-anak yang punya kecenderungan cepat bosan dan suka main di luar.

Ini adalah tantangan bagi orang tua bagaimana caranya agar anak bisa betah di dalam rumah dan tidak merengek untuk bermain di luar bersama teman-temannya.

Anak-anak saya termasuk yang tidak betah berada di dalam rumah dan suka bermain di luar. Di awal pandemi rengekan demi rengekan sering mereka lakukan. Berharap saya akhirnya mengijinkan mereka keluar. Untungnya saya memiliki pekarangan yang luas dan bisa di eksplorasi dengan bebas.

Sesuaikan permainan dengan tipe karakter anak



Mau main apa hari ini? sering saya pusing mencari akal permainan apa yang bisa saya diskusikan bersama anak-anak untuk mengurangi kebosanan mereka saat isolasi. Apa bunda-bunda di rumah juga demikian?

Nah sebelum memilih jenis permainan apa yang bisa dilakukan ada baiknya kita kenali dulu tipe karakter anak masing-masing agar dalam memilih permainan bisa cocok dan semangat dilakukan.

Apa saja tipe karakter anak?

Pada abad ke-5 SM Hipocrates telah membagi tipe-tipe karakter anak yang masih digunakan sampai hari ini dalam bidang psikologi maupun bidang-bidang yang lain. Ada tipe-tipe karakter apa saja sih pada anak-anak? simak berikut:
  • Sanguinis
Anak-anak pada tipe karakter ini cenderung sangat mudah bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan, banyak bicara (ceriwis), penuh energi dan suka bergerak kesana kemari, imajinatif, humoris, dan sangat suka bermain di luar ruangan.

Karena energi yang berlebih tadi  anak-anak berkarakter sanguinis cenderung suka usil dan jahil pada teman-temannya, susah berkonsentrasi pada satu hal karena ingin tahu segala hal dengan cepat, dan juga cepat bosan.

Orangtua anak tipe ini harus bisa menjembatani kelemahan dari anak-anaknya dengan melatih fokus pada satu hal dan komitmen menyelesaikan sebuah masalah atau proyek sampai selesai.

Permainan yang cocok untuk anak-anak tipe saguinis antara lain: bermain peran, mengumpulkan item yang dimainkan sebagai kata kunci / poin khusus. lari cepat, lompat tali, dan kegiatan-kegiatan bermain di luar ruangan. Hindari permainan yang membutuhkan waktu lama dan konsistensi tinggi, seperti puzzle atau catur.


  • Koleris
Anak dengan tipe karakter koleris adalah anak yang ceria, bersemangat, penuh energi, dan sangat suka bertualang. Anak dengan tipe karakter ini sering disebut sebagai anak dengan kepribadian kuat.

Namun anak berkarakter koleris cenderung sembrono dan tidak sabaran, suka memerintah dan keras kepala. Mereka cenderung seperti itu karena mereka sangat tahu apa yang mereka inginkan dan tidak ingin didikte.

Sebagai orang tua sebaiknya kita membantu agar anak mampu memanajemen kemarahan mereka dengan baik agar tidak menimbulkan masalah di kehidupan mereka ke depan. 

 Permainan yang cocok untuk anak tipe koleris antara lain: petak umpet, mencari harta karun, mengumpulkan jenis daun tertentu, berkemah, dan lainnya. Hindari permainan yang mengikutsertakan anak tipe koleris sebagai bawahan, atau anak buah. Pastikan mereka sebagai pemimpin permainan agar lebih bersemangat.

  • Melankolis
Anak dengan tipe melankolis merupakan seorang observer yang baik, detail dan logis. Karakter melankolis juga sangat perhitungan dan jarang bertindak sembrono. Anak tipe ini sangat tidak suka dengan perubahan rencana atau hal-hal yang mendadak atau tidak tertebak.

Sebagai orangtua cobalah untuk selalu mendengarkan keluh kesahnya dan jangan menghakimi. Anak tipe ini terkenal moody.

Permainan yang cocok adalah jenis permainan yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti puzzle, mencari arah, teka-teki, atau permainan yang melibatkan perhitungan di dalamnya. Hindari jenis permainan yang sifatnya tidak bisa ditebak atau mendadak.

 

  • Plegmatis
Anak dengan karakter plegmatis bisa dibilang adalah anak yang manis. Cenderung tenang dan pemalu namun penuh perhatian. Anak dengan tipe ini sangat tidak suka diburu-buru karena mereka cenderung melakukan apapun dengan ritme yang tenang bahkan terkesan lambat.

Berikan motivasi dan dorongan pada hal-hal yang menarik minatnya dan kembangkan. Anak plegmatis akan sangat mudah bangkit jika bertemu dengan minat dan bakat yang dia miliki.

Permainan yang cocok bisa dikaitkan dengan bidang kesenian, seperti main musik, menari, bernyanyi atau melukis. Hindari permainan-permainan beritme cepat agar mereka tidak ngambek di tengah jalan karena kewalahan menyamakan ritme. 

 

jenis permainan sesuai tipe karakter anak


Berhubung masih pandemi dan diharapkan melaksanakan social distancing sebaiknya bunda-bunda menyesuaikan jenis permainan yang akan dilakukan. Ambil permainan yang bisa dimainkan di rumah atau di pekarangan dengan melibatkan hanya anggota keluarga saja.

Sudah tahu akan bermain apa hari ini. Mari sama-sama kita bahagiakan setiap hari dengan permainan-permainan yang sesuai dengan tipe karakter anak masing-masing. Kalau anak saya keduanya cenderung tipe sanguinis jadi saya lebih banyak mengeksplor permainan luar ruangan seperti mencari bahan-bahan (misal daun atau bunga dan buah-buah kecil) untuk main masak-masakan, mencari telur ayam di sekitar kandang, menggiring bebek ke dalam kandang, memungut sampah organik di sekeliling rumah, dan lain-lain. Kalau bunda-bunda apa sih yang dimainkan hari ini bersama anak-anak?

Semoga setiap hari dianugerahi senyum dan semangat agar mampu selalu sehat selama pandemi. Dan semoga pandemi segera berakhir ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar