Senin, 22 Maret 2021

MENGUNJUNGI LADAKH : KOTA DI ATAS AWAN

 Jujur awalnya India tidak masuk dalam waiting list  saya jika mampu menapakkan kaki di luar Indonesia. Tempat pertama yang ingin saya kunjungi adalah Mekah dan Madinah, lalu Turki, Austria, Jepang, dst tapi tidak ada India di sana. Namun setelah membaca buku Ade Nastiti berjudul Two Travel Tales Menguak Eksotisme India dan Nepal saya berubah pikiran. Secara spontan saya menempatkan Ladakh India sebagai destinasi kunjungan saya (semoga Allah meridhoi). 

spot wisata terbaik di Ladakh


Ladakh terletak di bagian timur pemerintahan Jammu dan Kashmir merupakan salah tempat tinggal tertinggi di bumi. Di Ladakh kita akan melihat seakan-akan langit dan bumi bertemu. Dengan suhu udara ekstrim Ladakh dikelilingi oleh padang pasir dan gunung batu. Ladakh beribukota di Leh dan terkenal karena pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Ladakh berbatasan langsung dengan Tibet dan Pakistan. Karena itu budaya Tibet sangat kuat pengaruhnya pada masyarakat yang tinggal di sana. Rata-rata masyarakat Ladakh adalah penganut Budha Tibet dan sisanya menganut Islam Syiah.


Ladakh sendiri menjadi terkenal karena pengaruh boomingnya film 3 idiots yang mengambil lokasi syuting di tempat-tempat stategis di India, salah satunya di Ladakh ini. Dihimpit pegunungan Himalaya menjadikan Ladakh bak surga dunia. Kondisi alamnya masih sangat alami dan tersembunyi. Tidak banyak wisatawan yang datang ke sini karena tipisnya oksigen dan tekanan yang tinggi. Leh sebagai ibukota Ladakh sendiri hanya menerima wisatawan di musim panas, di musim dingin mereka menutup kota dari pengunjung karena cuaca bisa mencapai hingga -20 derajat celcius. Bagi kita yang hidup di daerah tropis suhu udara tersebut bisa membuat kita menjadi patung es :D

Spot-spot wisata di Ladakh rekomendasi dari Ade Nastiti

Ladakh memiliki banyak spot tempat wisata yang bisa dikunjungi meskipun terletak di atas ketinggian. Memang dibutuhkan stamina prima untuk datang ke sini karena tipisnya oksigen dan tekanan yang tinggi seperti yang saya jelaskan di atas. Untuk pengunjung dianjurkan melakukan aklitimasi selama dua sampai tiga hari sampai tubuh bisa beradaptasi dengan kondisi cuaca ekstrim di sana. Banyak pengunjung yang mengalami AMS (Accute Mountain Sickness) yaitu kondisi dimana tubuh gagal beradaptasi dengan suhu sekitar. Biasanya ditandai dengan mual, muntah dan pusing. Itulah sebabnya aklitimasi sangat dibutuhkan. Berikut spot wisata yang bisa dikunjungi di Ladakh India.
  • Khardung La
Ingin merasakan sensasi berkendara di salah satu jalan tertinggi di dunia? mampirlah di Khardung La. Awalnya Khardung La didapuk sebagai The Highest Motorable Road In The World dengan ketinggian mencapai 5359 m di atas permukaan laut, namun saat ini digantikan oleh Semo La yang ada di Tibet dengan ketinggian 5565 m di atas permukaan laut. Menuju Khardung La bukan perjalanan yang mudah, khusus untuk pengunjung dari luar India harus melalui banyak check point sebelum bisa mencapai Khardung La. Kondisi jalan dengan jrang di kanan kiri juga membuat ngeri. Namun itu sepadan dengan pemandangan yang disajikan dari atas ketinggian. Kita akan menjumpai salju dan gurun pasir bersamaan. Setiap pengunjung di Khardung La hanya diberi waktu maksimal 15 menit saja karena begitu tipisnya udara. Ade Nastiti sendiri sempat mengalami AMS ketika berada di Khardung La. Mimisan dan muntah tapi beruntung ada dokter yang ikut dalam rombongan yang membantu.

Jalan tertinggi di dunia
Taken from Google Picture
  • Shanti Stupa
Bagi yang harus skip Khardung La karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan, tenang saja masih banyak spot wisata lain di Ladakh. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Shanti Stupa. Stupa Budha berkubah putih di puncak bukit dengan panorama bentangan alam yang memikat sangat rugi jika tidak dikunjungi. stupa ini dibangun oleh seorang biksu dari Jepang bernama Gyomyo Nakamura pada tahun 1991 sebagai bagian dari misi Pagoda Perdamaian. Stupa Shanti memiliki relik Budha yang diletakkan oleh Dalai Lama ke-14. Stupa Shanti memiliki dua tingkat, tingkat pertama menampilkan relief sentral Dharmacakra dengan rusa di setiap sisi dengan sebuah citra Budha emas pusat duduk di atas sebuah platform sebagai simbol perputaran dunia. Tingkat kedua dipenuhi relief yang menggambarkan kelahiran, wafat, dan pertarungan Budha melawan iblis.

stupa budha di kota Leh Ladakh
Taken from google picture
  • Danau Pangong Tso
Nah ini dia danau yang muncul di salah satu scene film 3 idiot. Sebuah danau yang membentang sepanjang 134 km dengan 60% panjangnya masuk di wilayah Tibet Tiongkok. Bayangkan sebuah danau endorheik di Himalaya dengan ketinggian mencapai 4350 m di atas permukaan laut berwarna biru cerah berlatar pegunungan batu kelabu. Indahnya MashaAllah. Danau ini cocok dikunjungi pada bulan Juni atau Juli. Pada saat musim dingin seluruh permukaan danau akan membeku. Kita juga tidak mau kan berada di sana saat musim dingin. Bisa-bisa kita sendiri akan membeku jadi boneka salju :D

lokasi syuting 3 idiots
Taken from google picture
  • Nubra Valley
Nah kalau tadi disuguhi dengan panorama salju, gurun pasir dan gunung batu, di Nubra valley atau lembah Nubra ini kalian akan tercengang dengan panorama yang berbeda 180 derajat. Di sini kalian bisa berinteraksi dengan unta-unta di padang rumput yang indah. Nubra valley terletak di ketinggian 3000 m di utara kota Leh. Terbentuk dari pertemuan sungai Shyok dan sungai Siachen, Nubra valley dulu masuk pada jalur sutra dari Xinjiang China bagian barat ke Asia Tengah melalui Karakoram pass. Di Nubra valley juga terdapat kota kecil bernama Diskrit yang terletak 150 km dari Leh. Nah di sebelah barat Diskrit ada sebuah desa bernama Hunder. Antara Diskrit dan Hunder dipisahkan oleh gurun pasir luas yang merupakan spot utama turis. Di sini kalian bisa menikmati menunggang unta dan menikmati sunset. Ada juga beberapa penginapan di Hunder yang bisa kita jadikan tempat persinggahan dan bermalam untuk bisa lebih lama menikmati Nubra Valley.

Diskrit dan gurun pasir dengan unta
Taken from google picture

Melihat dan membaca spot-spot wisata di Ladakh membuat saya semakin ingin berkunjung ke sana. Kapan lagi bisa menyaksikan sekaligus salju, gurun pasir, dan lembah hijau di waktu bersamaan. Saya termasuk yang lebih suka gunung daripada pantai. Saat masih single dulu sering naik gunung bareng teman-teman. Ingin sekali rasanya menikmati kondisi gunung kembali. Apalagi di Ladakh gunungnya bukan yang hijau seperti di sini. Adanya gunung batu. Flora dan fauna tidak mampu hidup saking dinginnya suhu di sana. 

Semoga nanti bisa kesana bersama dengan suami dan anak-anak. Meskipun paksu itu bukan orang yang tahan dingin, tapi dicoba saja (semoga Allah meridhoi). Oh iya sebelum ke Ladakh sebaiknya mencari informasi akurat tentang rute, kondisi cuaca, atau tips-tips berkaitan dengan bagaimana cara menghadapi cuaca ekstrim di sana agar bisa bertahan dan menikmati pemandangan dengan santai dan kondisi prima.

Referensi:
1. Buku Two Travel Tales Menguak Eksotisme India dan Nepal
2. Wikipedia Indonesia
3. Gambar dari google picture

#RCO9
#OneDayOnePost
#ReadingChallengeODOP9

8 komentar:

  1. India memang luar biasa, diantara sekian banyak masalah sosialnya yang terkenal di media, banyak pula tempat-tempat eksotis yang layak masuk list tujuan traveling. Semoga cita-citanya terkabul untuk mengunjungi Ladakh mbak Wita. Aamiin

    BalasHapus
  2. Spot biewnya bagus-bagus kak. Wajib dikunjungi. Semoga mimpi ke sananya bisa terwujud.

    BalasHapus
  3. Selamat ini cuma tau tah mahal aja wisata India tuh. Ternyata banyak sekali tempat indah lainnya. Makasih ka ... semoga bisa mengeksplorasi India bersama keluarga tercinta ... segera. Aamiin Allohuma Aamiin.

    BalasHapus
  4. Ternyata banyak destiasi wisata yang menarik di India, smoga bisa kesana, setelah.embaca ini bisa lebih mengenal India,yang sebelumnya.mengenal India hanya lewat film -film India

    BalasHapus
  5. Ternyata banyak destiasi wisata yang menarik di India, smoga bisa kesana, setelah.embaca ini bisa lebih mengenal India,yang sebelumnya.mengenal India hanya lewat film -film India

    BalasHapus
  6. Wow, menarik banget ya tempat wisata di India. Apalagi Danau Pangong Tso, cantiiik bangeeet!

    BalasHapus
  7. Nurba Valley, duhhh pen banget kesana

    BalasHapus