BLANTERORBITv102

    ASUS ZENBOOK 14X OLED (UX5400), LAPTOP "VERSATILE".

    Monday, March 28, 2022

    Asus Zenbook 14X OLED (UX5400)



     
    Masih pagi banget, gue baru saja selesai nyuci kendaraan-kendaraan di teras depan. Biasa lah Minggu gini gue jadi babu buat diri gue sendiri. Mumpung libur, jadi kerjaan rumah diberesin sebelum kerjaan kantor melambai-lambai lagi weekday nanti. Tiba-tiba gue dikejutkan dengan tepokan lumayan keras di punggung. Kaget banget asli, sampai jingkat. Ternyata adek bontot gue datang.


    "Tumben Lu, pagi gini udah nyamperin gue?".

    Dianya cengengesan. Gue ajak aja tu anak masuk ke dalam. Penasaran juga mau apa dia kesini pagi-pagi. Nih bocah beda sama gue, pinternya kebangetan. Minggu lalu sekeluarga dibuat heboh gara-gara ada kabar dia diterima kerja di salah satu perusahaan railway di Jepang. Jepang gitu lohhhh. Gue sampai ngiler pengen ngikut.

    "Bang gue butuh laptop baru nih, ada saran?"

    "Emang laptop Lu kenapa?".

    "Nggak kenapa-kenapa juga sih Bang, tapi laptop itu kan udah lama banget ikut gue. Udah satu dasawarsa juga kali. Cuman gue butuh buat ntar pas di Jepang. Takutnya laptop jadul gue nggak bisa dipake buat kerja di sana".

    "Laptop Lu itu emang awet banget ya Dek. Lu jampi-jampi ya bisa tahan lama gitu?".

    "Enak aja, Asus kan emang tahan lama Bang. Kayak Lu nggak tau aja".

    "Lu butuh laptop yang kayak gimana, kebetulan Abang habis browsing-browsing kemarin soalnya lagi butuh juga buat inventaris kantor. Ada sih yang jadi inceran Abang, tapi nungggu dana proyek cair dulu baru beli".

    "Laptop apa Bang? Gue butuhnya laptop yang...versatile gitu sih, kayak gue, jadi gue bisa jadi apa saja yang gue inginkan dengan bantuan laptop itu, hahaha".

    "Dasar Lu kepedean. Asus juga sih, Lu kan demen sama Asus. Baru aja diluncurin. Kalau butuh yang versatile lebih bagus pilih laptop bisnis. Kayaknya Asus Zenbook 14X OLED (UX 5400) ini pas. Ini laptop masuk ke lini Zenbook Classic. Tapi coba deh Abang mau tau, versatile yang Lu pengen tu yang kayak gimana?".

    Asus Zenbook 14X OLED (UX5400)


    "Asus Zenbook ya Bang, wah itu sih kata temen yang kerja di Garuda, speknya udah buat para manager. Kayaknya bagus tuh Bang".

    "Nih gue udah bikin oret-oretannya sih Bang. Gue pengen jadi sesuatu yang manfaat buat orang lain. Di Jepang itu gue mau belajar banyak biar ntar ilmunya bisa gue gunain buat majuin Indonesia. Secara nih Bang utang luar negeri Indonesia udah tembus 7000 triliun. Bayangin duit sebanyak itu buat apa saja. Gue takutnya ntar Indonesia nggak bakal jadi milik bangsa Indonesia lagi tapi milik asing. Dengan utang sebesar itu nggak ada yang nggak mungkin. Dan gue nggak mau hal itu terjadi. Itu sebabnya gue mau ngajak anak-anak muda buat develop Indonesia di semua lini biar bisa segera bebas utang. Jadi buat mimpi sebesar itu gue butuh laptop yang versatile biar bisa dukung maunya gue".


    "Emmm.... pertama gue butuh yang punya "body panser", karena nanti laptop itu bakal sering gue bawa ke proyek selama gue nangani railway di sana".

    "Oke, Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) ini materialnya pake Magnesium Alumunium Alloy (MgAl), Lu kan anak teknik pasti tahu lah kalau material ini kuat, tahan banting tapi ringan. Lu yang selebor nggak perlu cemas laptop Lu bakal kenapa-napa. Asus jadul punya Lu juga sering jatuh kan dulu, tapi nggak kenapa-napa. Nah Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) pastinya lebih oke punya. Lagian body Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) udah diuji ketahanannya pakai sertifikasi militer. Nggak tanggung-tanggung lo, dia ngantongin standar US Millitary Grade (MIL-STD 810H). Di dalamnya ada drop test, uji getar, uji pemakaian di suhu yang bervariasi, uji pemakaian di perubahan suhu yang ekstrim, uji kelembapan tinggi, sama uji getar juga. Itu dalam kondisi laptop hidup lo Dek. Dan lulus. Bisa Lu bayangin kan kuatnya udah macam bodi panser?".

    "Hmmmm, masuk banget Bang. Soalnya itu laptop bakal gue jadiin semacam private assistant gue, jadi jangan sampai letoy".

    uji ketahanan Asus Zenbook 14x oled (u5400)
    Sumber: Asus.com


    "Kalo engselnya gimana Bang? gampang rusak nggak nih? gue kan selebor".

    "Sama dengan body, laptop Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) udah pakai mekanisme engsel 180 derajat ErgoLift Hinge. Jadi bisa dibuka sampai 180 derajat dan bisa membuat nyaman pas ngetik gitu Dek soalnya dia selain bisa diputer 180 derajat juga bisa ngangkat body utamanya, kayaknya bakal ergonomis banget buat kerja. Lagian Asus punya garansi kok buat engsel sama port, aman lah pokoknya".

    Ergolift Hinge asus zenbook 14x oled (5400)
    Sumber: IG @asusid


    "Desain ErgoLift Hinge ini juga bisa bikin air flow  lebih leluasa, jadi laptop bisa dapat udara segar dari sekitar, masalah heat  juga teratasi. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui".

    "Lu kan ntar juga bakal banyak presentasi, nah laptop Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) cocok banget dibawa presentasi di depan klien, kan desainnya elegan dan premium, nggak banyak gimmick".

    " Buat ngetik juga enak banget nih Dek, Lu kan suka nulis juga. Keyboardnya pakai layout TKL (Tenkeyless) dan ada backlightnya. Warna putih dengan 3 tingkat kecerahan, Lu mau ngetik di ruang yang minim cahaya masih bisa leluasa".

    "Ada fitur pengaman spill-resistant juga di keyboard misal ketumpahan air. Dia bisa tahan sampai 66 cc cairan lo Dek".

    "Wah iya sih Bang, desainnya keren, gue kan suka yang simpel. Dan emang nanti bakal banyak presentasi juga. Gue kok kepincut sama keyboardnya Bang, soalnya laptop Asus gue yang lama nggak ada backlightnya. Abang kan tahu sendiri kalau di tempat yang minim cahaya gue suka bawa senter buat nerangin keyboard, hahahaha".

    "Itu sih Lu aja yang norak Dek. Mau apa lagi?".

    "Yang kedua, gue butuh laptopnya bisa "mobile", harus ringkas".

    "Biasanya laptop bisnis kan gede dan berat Bang, Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) ini bisa?". 

    "Lu tenang aja, Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) dimensinya kecil kok cuma 31,12 x 22,12 x 1,69 cm. Tipis banget meski laptop bisnis, dan ringan juga, bobotnya cuma sekitar 1,4 kg. Di speknya sih dibilang 14" tapi kayak bawa laptop 13" soalnya Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) pake teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan bezel layar jadi tipis banget, ini bisa sampai cuma 3 mm saja lo Dek di tiap sisinya. Keren kan?. Apalagi Screen-to-body Ratio nya gede, sekitar 92%. Gue jamin Lu bakal puas deh.

    Dimensi Asus Zenbook 14x OLED (UX5400)
    Sumber: Asus.com


    "Hmmm, tipis dan ringan banget ya Bang, boleh juga".


    "Yang ketiga, gue butuh laptop yang speknya bisa buat "aplikasi kompleks", yang "good, proven, dan reliable" gitu".

    "Dasar!!!, khasnya elu keluar deh, hadehhhhh".

    "Ya kan adek Lu yang pinter ini banyak pengennya Bang. Gimana sih!".

    "Masalah hardware Lu nggak perlu pusing, Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris X graphicsIstilahnya "Tiger Lake", ini prosesor generasi terbaru dari Intel. Kalau di laptop jadul Lu agak-agak lemot kalau buka banyak tab, soalnya udah tua juga :), nah yang sekarang Lu nggak perlu takut.  Dengan makai prosesor ini diklaim bisa ningkatin performa untuk CPU sama grafisnya dan juga lebih hemat daya. Lu mau seenak jidat buka tab sampai 20 juga nggak bakal nge-lag. Apalagi nih Dek Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) dilengkapi dengan RAM sampai 16 GB, makin super power kan...Dan Lu nggak perlu khawatir soal data-data Lu yang banyak, storage yang disediain gede juga, laptop ini pakai storage PCIe SSD 1TB. Lu bebas mau nyimpen apa aja sesuka Lu".

    "Berarti nggak ada masalah juga ya Bang. Soalnya nanti gue bakal naruh banyak aplikasi di dalamnya. Karena gue juga nggak jauh-jauh dari desain, nggak bakal masalah kalau gue tanam aplikasi CAD sama CAM di dalamnya. Kerjaan gue kan seputaran itu".

    "Nggak bakal masalah lah Dek".

    "Laptop jadul lu juga proven kan, bisa tahan sampai sepuluh tahun itu hebat banget lo Dek. Lha ini sama Asus juga kan. Masalah reliability nya, kayaknya Lu udah nggak perlu dijelasin lagi, kan udah pake sejak lama".

    "Kalau grafisnya gimana Bang? gue nanti maunya tetep ngonten di Jepang sana. Gue pengen jadi Jerome Polin versi cewek lah. Ntar gue mau bikin video-video tentang Jepang, utamanya ya railway nya lah. Nggak jauh-jauh dari kerjaan gue. Tapi nggak nutup kemungkinan bakal melebar kemana-mana. Lumayan buat ngisi youtube gue. Dan gue juga masih mau nulis di blog gue. Lagian kerjaan gue juga desain, butuh kartu grafis yang bagus biar bisa maksimal".

    "Ahhh gue juga udah bakal ngira Lu khawatir masalah kartu grafisnya, memang sih Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) nggak dibuat khusus buat desain, tapi kartu grafis yang ditanam nggak main-main. Dia tandemin tuh dua kartu grafis Intel® Iris Xe Graphics sama NVIDIA® GeForce® MX450, 2GB GDDR6. Dengan dua kartu grafis itu bikin Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) bisa mumpuni juga buat content creator. Lu bebas deh mau nge-vlog, nge-blog, jumpalitan bikin video, secara renderingnya juga bakal singkat banget nggak pake lama. Mau gambar pake CAD atau bikin program pake CAM juga pastinya mulus kayak jalan tol, hahahaha".

    "Lu juga sepertinya nggak perlu cemas akan terjadi over heat karena Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) juga dibekali konfigurasi 1 fan dan 2 exhaust pipes. Lubang keluarannya ada di sebelah kiri laptop. Lu jangan suka naruh benda-benda elektronik di sebelah kiri laptop Lu kalau kerja biar nggak over heat".

    "Eh btw, laptop Asus Lu yang lama pake NVIDIA GrForce juga kan. Dan itu bagus buat grafis. Padahal itu seri lama. Pakai NVIDIA GeForce seri MX450 ini pastinya bakal lebih nendang".

    "Wah keren banget ya Bang, kayaknya bakal cocok nih".

    "Sistem operasinya nggak ada masalah kan Bang?".

    "Di spek sih udah pake Windows 10 gitu tapi ada juga yang pakai Windows 11 tergantung seri mungkin ya, Abang juga nggak begitu ngeh. Itu mumpuni banget lah buat kerja hybrid. Lu nggak perlu khawatir, masih bakal produktif. Bisa buat kolaborasi juga, dan pastinya konsisten".

    "Kalau speknya Lu rasa masih kurang, Lu bisa upgrade sendiri. Laptop Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) gampang banget kok di maintenance, yang penting komponen internal laptopnya oke punya nggak bakal masalah juga. Tapi menurut gue laptop ini udah oke banget lah Dek. Udah Lu maunya apa lagi?".

    "Emmm sekarang yang keempat ya Bang. Gue mau laptopnya "Multifungsi" gitu, bisa dipake simultan".


    "Kayaknya gue bakal disuruh kerja dari rumah dulu sementara ini Bang. Berangkat ke Jepang sebulan dua bulan lagi. Masih training juga".

    "Nahhhh ini dia yang mau gue bilang dari tadi Dek. Laptop Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) punya ScreenPad 2.0. Ini nih touchpad berupa layar kecil yang bisa bantu Lu beraktivitas. Jadi kayak Lu bawa satu laptop tapi dengan dua layar. ScreenPad 2.0 ini bisa Lu pakai pas teleconference atau meeting virtual. Layar utamanya bisa Lu pakai buat kerjain yang lain. Keren nggak?".

    Screenpad 2.0 Asus Zenbook 14x oled (5400)
    Sumber : @asusid


    "Hahhhh beneran Bang? widihhhh kerennya kebangetannnnn".

    "Meski layar di toucpad tapi ScreenPad 2.0 ini sudah pakai panel IPS, kodenya kalau nggak salah TSB 888. Punya layar Full HD plus. Kalau gue bilang ini termasuk gede banget buat ukuran layar 5,6 inchi".

    "Nggak cuma buat layar kedua aja Dek. Lu juga bisa interaksi langsung di touchpad itu. Jadi ScreenPad 2.0 itu dibekali software khusus, namaya kalau nggak salah ScreenXpert 2.0, Dia bakal bantu Lu ngelakuin banyak hal, misalnya ngontrol mode pengguna, bisa juga buat akses fitur di banyak aplikasi kayak Ms. Office gitu. Trus lagi ada fitur namanya Quick Key, Lu bisa bikin shortcut khusus buat tiap aplikasi yang ada di laptop. Jadi Lu bisa kerja apa aja lewat situ juga, mau ngetik bisa...pakai aja aplikasi Hand Writing. Mau mindahin aplikasi di layar utama ke ScreenPad 2.0 ini bisa juga, tinggal pakai App Switch. Lu bahkan bisa main game juga nih di sini, kayak cyber punk :)".

    "Wahhhh makin kepincut nih gue Bang, hehehe".

    "Ini ya Bang yang kelima, gue pengen "durability" laptopnya oke punya.

    "Abang kan tahu gue kalau kerja bisa betah berjam-jam di depan laptop. Apalagi kalau lagi bikin gambar desain atau bikin konten video".

    "Nah kan Lu customer  Asus dari lama Dek. Lu juga udah buktiin kalau Asus itu tahan lama, buktinya kan Asus lama Lu masih baik-baik saja".

    "Kalau takut laptop cepet rusak gara-gara over heat tadi juga gue udah jelasin ada mekanisme yang bikin laptop Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) nggak bakal over heat selama digunakan".

    "Baterainya juga oke punya nih Dek. Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) pakai komponen baterai berkapasitas 63 whr dengan 3SIP, 3-cell Li-ion. Bisa tahan sampai 8 jam lebih. Ini hebat banget lo Dek, secara kan dia mengakomodasi dua layar resolusi tinggi dan daya pacu mesin tinggi. Nggak perlu cemas laptop mati tiba-tiba pas dibawa ke lapangan".

    "Lu juga nggak perlu khawatir waktu mau nge-carge. Laptop Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) dilengkapi juga sama fitur fast charging yang punya kemampuan pengisian baterai hingga 50% dalam 30 menit. Cepet banget kan Dek". :)

    "Wuih ada juga fitur kayak gitu? bisa lah ya nanti selama di atas kereta gue nge-charge. Simpel dan efisien nih".

    "Lanjut ya Bang, yang keenam nih, gue mau laptopnya punya "konektivitas tak terbatas".

    "Ahhh Lu pasti worry karena body laptopnya yang tipis bakal mengurangi jumlah port yang bisa ditanam gitu?".

    "Yup, exactly!".

    "Tenang aja Dek, meski tipis, tapi Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah dilengkapi banyak port. Nih ada port HDMI 2.0 buat transmisi audio dan video digital. Kalau lihat di spek nya sih port HDMI 2.0 ini bisa support sampai 4K 60Hz, ya tapi mesti Lu pastiin kabel sama sharing monitornya support apa nggak".

    "Ada juga port USB 3.2 Gen2 Type-A, bisa buat macem-macem sih ya, Lu mau menghubungkan peralatan tambahan kayak mouse, keyboard, kamera digital, hard disk eksternal, flashdisk, sesuka Lu dah".

    "Selain USB 3.2 Gen2 Type-A, laptop Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) juga ada USB Type C. USB Type C ini udah support Thunderbolt 4. Dengan begitu Lu bisa transfer data very fast, soalnya kecepatan transfernya sampai 40 Gbps. Selain transfer data makin cepat, Thunderbolt 4 juga bisa Lu gunain buat misal Lu mau instal monitor tambahan. Eh iya hampir lupa port ini juga ada fitur USB Power Delivery, fitur ini bisa bikin Lu mudah pas mau nge-charge, bisa pakai adapter charger atau powebank. Efisien dan efektif kan".

    port asus zenbook 14x oled (ux5400)
    Sumber: @asusid


    "Ada MicroSD juga, Lu mau export foto-foto dari kamera DLSR Lu jadi gampang kan. Ada Combo Audio Jack juga kok, mau pake headset  jadi nggak ada masalah, nggak harus bergantung pada dongle".

    "Untuk wifi, Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah pake Wi-Fi 6. Protokol jaringan Wi-Fi 6 ini udah punya frekuensi 2,4/5 GHz jadinya bisa lebih kuat nangkep sinyal dan bikin kecepatan jaringan meningkat. Dia bisa cepat soalnya udah dilengkapi teknologi buat nentuin  prioritas lalu lintas jaringan. Lebih aman juga karena ada teknologi enkripsi baru kayak SAE. Lu nggak perlu khawatir masalah konektivitas jaringan deh Dek".

    "Oh iya Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) juga punya konektivitas Bluetooth 5.0. Lu kan sukanya dengerin lagu pake headset wireless pas bersih-bersih. Nah teknologi ini bikin konektivitas wireless dengan jangkauan yang lebih luas. Di klaim bisa sampai jarak 120 meter, naik sekitar 4 x lipat dibanding versi sebelumnya. Asyik kan?".

    "Oke, cukuplah terjamin buat konektivitas. Sip sip".

    "Emmm Lu nggak tanya kameranya gimana kan Lu bakal sering presentasi tadi bilangnya?".

    "Oh iya Bang, lupa gue. Kameranya oke punya nggak?".

    "Kameranya oke lah dek, di spek pake kamera 720p HD Camera. Pakai resolusi 720p itu artinya Lu bisa video conference dengan nyaman. Untuk video 30 fps, kualitas videonya bakal mulus, gambarnya kelihatan jelas, warnanya keren dengan kontras yang sesuai. Untuk audionya, dia udah ada fitur noice reducing yang bakal mastiin suara Lu bisa jelas terdengar. Pas Lu bikin konten video juga nggak perlu khawatir sering take ulang karena noise. Kerja Lu bakal lebih cepat dan lebih produktif Dek".

    "Trus lagi misal Lu terpaksa harus video call di tempat yang agak burem-burem, nggak perlu khawatir. Kamera yang ada di Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) ini bisa diandalkan banget, wajah Lu masih bakal kelihatan kok, jeleknya.......hahahaha".

    "Ihhhh apaan sih Abang nih, cantik gini dibilang jelek. Lu tuh Bang yang udah item hidup lagi hahahaha".

    "Wah mulai rese nih anak. Udah belum nih, Lu masih ada yang dimau lagi?".

    Yang ketujuh nih Bang, gue mau laptop gue "aman" macam punya personal security guard gitu".

    "Gue nggak mau dong data gue jadi konsumsi publik. Ntar di situ kan bakal ada data perusahaan dan desain-desain gue. Nggak mau lah kalau data itu sampai dibajak orang, rugi dong gue udah capek-capek gambar".

    "Nah beda laptop bisnis sama koonsumen tu di sistem keamanannya sebenernya dek. Karena kan ini didesain buat karyawan perusahaan. Mereka pasti nggak mau datanya bocor kan, itulah sebabnya sistem keamanannya diperkuat".

    "Ada sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol power di laptop Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) yang dioperasikan lewat Windows Hello, itu sebagai keamanan lapis pertama".


    Fingerprint Asus Zenbook Oled 14x




    "Trus dia juga ada modul TPM (Trusted Paltform Module) yang tugasnya mengenkripsi data biar nggak bisa dibuka oleh orang lain, misal kalau laptop Lu ilang atau dicuri. Jadi data di dalamnya bakal aman Dek".

    "Masih ada lagi nggak yang Lu mau?".

    "Nih yang terakhir Bang, gue pengen laptopnya "nyaman", biar gue betah lama-lama di depan laptop dan makin produktif".

    "Yah, gue tahu Lu itu di depan laptop bisa berjam-jam. Apalagi kalau lagi banyak inspirasi. Bener kan.

    "Ya gitu deh Bang. Gue takutnya lama-lama mata gue nambah minusnya, Lagian kena radiasi sinar biru terus-terusa bikin hayati lelah Bang....hahaha".

    "Maksud Lu mata Lu yang lelah kan....". Gue tabok juga adik selebor gue, becandanya kelewatan.

    "Lu nggak tahu ya, Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) layarnya pakai teknologi terbaru layar digital. Namanya layar OLED. Layar OLED ini sebenarnya menyasar profesional yang butuh layar dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat. Ya... kalau dibilang sih sekelas standar industri film saat ini".

    Layar OLED Asus
    Sumber: Asus.com


    "Laptop Lu yang lama itu masih pakai layar IPS, itu aja Lu udah jago banget desainnya. Apalagi nanti pakai OLED, pasti bakal lebih gila, hahaha".

    "Layar OLED ini aman buat mata lo Dek karena bisa mengurangi tingkat radiasi sinar biru yang bisa bikin mata lelah dan merusak mata. Nggak usah khawatir minusnya nambah, aman kok. Gue pastiin Lu bakal nggak pengen beranjak kalau udah di depan laptop saking nyamannya".

    "Layar OLED pada Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) punya sertifikat PANTONE Validate Display. Artinya layarnya itu udah dikalibrasi, buktinya dia bisa memproduksi 100 % warna pada color space DCI-P3. Lu bakal dimanjain banget lah Dek pas desain. Kalau mau nonton drakor juga lebih asyik karena gambarnya jelas sekali".

    "Tampilan layar juga masih jernih kok Dek meski Lu turunin kecerahan layar. Layar di Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) bisa jaga akurasi warna di layar, karena dia pakai 3D color gamut sebagai referensi. Fungsinya semacam nambahin faktor Iluminasi buat ngukur color volume secara keseluruhan. Color volumenya kira-kira 60% lebih besar dari pada layar laptop sebelumnya.

    Layar OLED Asus
    Sumber Asus.com


    "Nggak bakal terjadi blur juga sih Dek. Layar OLED punya waktu respon yang terbilang super fast, sampai 0,2 milidetik, lebih cepat 50 kali dibanding layar lain. Nah dengan gitu Lu bisa nonton film dengan sangat nyaman. Atau pas Lu mau njalanin program di CAM juga nggak bakal nge-lag dan blur. Asyik nggak"

    "Gue jamin Lu bakal betah sebetah-betahnya di depan laptop Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) ini. Lu mau kerja kek, video call kek, main game kek, nonton film kek, bikin konten kek, terserah Lu. Asal jangan ngiler aja di atas laptop Lu, hahahaha".

    "Iya ya Bang, laptop yang Abang incer tu emang oke punya ya. Tapi pasti mehong ya?".

    "Gue udah kepincut tapi ntar budget kurang ya tiwas kuciwaaaaa".

    "Kalau menurut gue sih Dek, sekelas laptop bisnis harga Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) terjangkau lah. Abang lihat sekitar 24an juta gitu. Lihat spesifikasi yang super power abis, harga segitu worth it lah".

    "Hmmm iya ya, tapi budget gue cuma 20 juta Bang. Masih kurang nih. Nabung dulu lah sebulan dua bulan lagi".

    "Lu mau banget, apa mau bangetttt?".

    "Ya mau lah Bang, siapa yang nolak dengan pesona Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) yang kece gitu".

    "Ya udah weekend ntar gue anter Lu beli, ntar gue tombokin lah, ala-ala hadiah dari Abang Lu karena Lu diterima kerja di Jepang. Tapi jangan lupa, ntar kalau udah di Jepang beliin Abang action figure nya Fullmetal Alchemist ya".

    "Jiah udah mau jadi kakek masih suka mainan anak-anak, eneg gue hahahaha".

    "Nah Lu kan sama juga masih suka baca One Piece, rambut udah ubanan juga, hahaha".

    "Ada warna ungu gitu nggak ya Bang?".

    "Asus Zenbook 14X OLED (UX5400) ini ada dua warna kayaknya Dek, Lylac Mist sama Pine Grey, Lu ambil yang Lylac Mist kan udah kayak-kayak ungu. Dasar maniak ungu".

    warna asus zenbook 14x oled (ux5400)


    "Siappp, eh iya beneran ya Bang tambahin duit gue, emang Abang paling kusayang".

    "Iya Dek, hmmmm".

    "Doain mimpi gue bisa terwujud ya Bang, Abang masih cinta Indonesia kan ya, masih mau jadi pemilik Nusantara ini kan ya Bang?".

    "Iya Adekku sayanggggg".

    Dan dia kabur setelah nowel pipi gue. Dasar sableng!!!!




    Main Spec.

    Zenbook 14X OLED (UX5400)

    CPU

    Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

    Operating System

    Windows 10 Home

    Memory

    16GB LPDDR4X

    Storage

    1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

    Display

    14" (16:10) OLED 2.8K (2880x1800) 90Hz 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio

    ScreenPad™ 2.0 (FHD+ (2160 x 1080) IPS-level Panel)

    Graphics

    Intel® Iris Xe Graphics, 

    NVIDIA® GeForce® MX450, 2GB GDDR6

    Input/Output

    1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

    Camera

    720p HD camera

    Connectivity

    Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

    Audio

    Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

    Battery

    63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

    Dimension 

    31.12 x 22.12 x 1.69 ~ 1.69 cm

    Weight

    1.4Kg

    Colors

    Lilac Mist, Pine Grey

    Price

    Rp23.999.000

    Warranty

    2 tahun garansi global

    Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition bersama bairuindra.com,”

    Referensi:

    https://www.asus.com/Laptops/For-Home/Zenbook/Zenbook-14X-OLED-UX5400-11th-Gen-Intel/
    https://bairuindra.com/asus-zenbook-14x-oled-ux5400-writing-competition/
    https://www.instagram.com/asusid/
    https://gadgetmtech.com/asus-zenbook-14x-oled-ux5400-review/






    Author

    Marwita Oktaviana

    Blogger, Book lover, Writing Enthusiast, A friend of a many students

    1. Halo, terima kasih ya sudah mengikuti ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik ya!

      ReplyDelete