BLANTERORBITv102

MEMBANGUN BAPAK PESEK BERSAMA ASUS EXPERTBOOK B3 FLIP (B3402)

Thursday, June 30, 2022


membangun bapak pesek bersama asus expertbook b3 flip (B3402)

"Apa yang paling abadi di dunia ini? Adalah perubahan."

 Segala hal yang ada di semesta ini tidak ada yang abadi. Bahkan dunia tempat kita tinggal pun memiliki jangka hidup terbatas dan akan musnah ketika Tuhan berkehendak. Tetapi satu hal akan abadi, yaitu perubahan itu sendiri.

Tidak perlu jauh-jauh, kita sebagai manusia mengalami perubahan dari bayi hingga dewasa. Semakin bertumbuh baik fisik maupun mental kita. Pun juga hal-hal lain di sekitar kita.

Coba perhatikan saja segala hal di sekitar kita mengalami perubahan dalam waktu yang amat sangat singkat. Anak-anak yang lahir di era 90an seperti halnya saya menyaksikan perubahan yang begitu signifikan. Misalnya saja listrik. Dulu listrik belum terdistribusi seperti sekarang. Hanya bisa dinikmati saat pagi sampai sore, selepas itu gelap. Jadi ketika malam diesel-diesel dinyalakan untuk menggantikan pasokan listrik yang mandeg dan rumah warga mampu menyalakan penerangan. Itu pun hanya bertahan hingga jam 21.00 WIB saja. Lalu gelap hingga pagi. Tetapi sekarang listrik bisa dinikmati kapan saja dimana saja tanpa batasan.

Alat komunikasi juga berkembang begitu pesat. Dulu hanya ada telepon kabel, itu pun hanya dimiliki orang-orang berpenghasilan tinggi. Saya dan warga lain harus puas pergi ke wartel jika ingin bertelepon. Tetapi lihat sekarang, hampir setiap orang memegang telepon seluler di tangan masing-masing.

Alat komputasi pun sama. Siapa yang menyangka jika alat komputasi akan mengalami perubahan dan berkembang secepat ini. Dulu komputer pertama diciptakan oleh Charles Babbage di tahun 80-an dimaksudkan untuk membantu kinerja manusia sebagai alat hitung. Masih bertenaga uap dengan dimensi yang sangat besar. Lalu Alan Turing mengembangkan cikal bakal komputer digital di tahun 1930. Berkembang lagi dan lagi hingga ke bentuk portabel yang kita gunakan saat ini.

komputer dari masa ke masa


Ketika semua mengalami perubahan, apakah kita akan diam saja di tempat dan tergerus zaman? tentu tidak. Karena memahami perubahan itu saya bertekad ingin juga menjadi agen perubahan. Tidak muluk-muluk, hanya untuk bisnis yang sedang kami, saya dan keluarga jalankan.

PERUBAHAN APA YANG INGIN SAYA LAKUKAN?

Saya tumbuh dari keluarga sederhana, sedari kecil bapak seperti dengan sengaja  megajarkan saya untuk berusaha di atas kaki saya sendiri. Zaman masih SD itu saya tidak pernah diberi uang saku. Jadi pas istrahat saya sembunyi di perpustakaan sekolah karena malu tidak bisa jajan. Bapak bilang kalau mau uang saku harus kerja dulu. Saya harus mau pagi-pagi mengambili sayuran di halaman depan lalu diikat satu per satu dan membawanya ke pasar untuk dijual. Seperti itu berlangsung sampai saya kelas 6 SD. Dan itu tidak berlaku bagi adik-adik saya, mereka masih dapat uang saku meski tidak melakukan apa-apa.

Karena ingin bisa punya uang lebih untuk membeli keperluan yang lain saya nekat berjualan jajan saat anak-anak kecil mengaji di langgar samping rumah. Ternyata hasilnya lumayan juga. Saat itu saya membuang jauh rasa malu dan keinginan untuk bermain dengan teman, dan fokus menghasilkan uang.

Lalu seiring bertambah usia saya menjajal berbagai hal lain untuk menghasilkan uang. Mulai dari jadi agen perjalanan, menjual jamu, jadi ojek pribadi, membantu di warung makan, dan kerja sambilan di tempat les bahasa inggris.

Karena pengalaman itu, sepertinya jiwa wirausaha saya tumbuh berkembang dengan baik. Itu sebabnya ketika saat ini harus kerja kantoran, jiwa saya seperti ingin berontak. 

Perubahan apa yang ingin saya lakukan saat ini? yaitu membawa "Bapak Pesek" sampai ke pasar internasional. Apa itu Bapak Pesek? Bapak Pesek itu brand keluarga untuk beberapa produk yang kami hasilkan. Kami membuat sambel pecel, kopi deplok, jamu-jamuan, dan telur ayam kampung hasil peternakan di belakang rumah.

Bapak saya itu tipenya tidak bisa stay dan konsisten di satu bidang atau produk dalam jangka lama. Orangnya cepat bosan. Berapa kali bapak pernah gagal dalam berbisnis? sudah tidak terhitung lagi. Pernah dulu produksi kecambah, tempe, tape, rokok rumahan, air bersih, kue-kuean, sepatu, jamu madura. Banyak lah pokoknya, tapi tidak bertahan lama karena banyak faktor.

Itu sebabnya saya ingin merubah mindset itu. Saya akan membawa Bapak Pesek go international. Produk kami kalau saya bilang tidak kalah kualitas dengan produk lain. Berikut akan saya jabarkan mengenai produk kami.

SAMBEL PECEL "BAPAK PESEK"

Produk ini mulai dibuat sejak Bapak saya pensiun. Berupa sambal yang terbuat dari kacang tanah dan rempah-rempah. Biasanya dimakan dengan pelengkap sayur rebus dan rempeyek. Sambal ini banyak digemari sebagai lauk sarapan atau makan malam. Resepnya dibuat oleh ibu saya. Kami punya 2 pilihan, pedas dan tidak pedas. Kalau masalah rasa InshaAllah tidak kalah dengan yang lain. Tetapi kami menang di harga. Jika saya bandingkan dengan produk sejenis yang beredar, sambel pecel Bapak Pesek bisa bersaing. 

sambel pecel bapak pesek


Saya pernah tanya teman yang sedang tinggal di Amerika sana. Harga pecel untuk kemasan 200 gram dibanderol $3 atau sekitar Rp. 45.000.  Sambal pecel dalam negeri juga rata-rata harganya berkisar Rp. 20.000-25.000 per 200 gram. Mahal juga. Karena dari testimoni pasar rasa sambel pecel kami enak sekali dan harganya murah, saya jadi sangat yakin bisa bersaing di pasar dalam negeri dan luar negeri. Bismillah.

KOPI DEPLOK "BAPAK PESEK"

Kenapa kopi? karena saya suka. Semenjak kecil saya, satu-satunya anak bapak yang dicekoki kopi. Maksudnya sejak kecil sering diajak ngopi sama beliau. Meski perempuan, tapi sepertinya memang saya tomboy sekali. Itu sebabnya kopi menjadi hidangan wajib bagi saya di pagi dan sore hari. Ya saya memang addicted to it. Kalau belum ngopi itu badan lemas dan pusing. 

Dan lidah saya ini memang manja, maunya kopi yang enak. Murni tanpa tambahan apa-apa. Dengan rasa yang kuat. Karena itu saya selain membuat kopi untuk dikonsumsi juga akhirnya memberanikan diri membuat produk kopi untuk dipasarkan. 

kopi deplok bapak pesek

Kopi yang saya buat adalah dari jenis Robusta. Di roast di atas tungku dengan bahan bakar kayu jadi aromanya lebih enak dan di haluskan dengan cara manual pakai deplokan. Kenapa saya pilih Robusta, pertama karena ketersediaan bahan di pasar melimpah. Yang kedua, Robusta lebih cocok untuk lidah orang Indonesia karena taste nya lebih kuat dan pekat. Kalau Arabica itu ringan sekali. Dan lagi Robusta lebih bersahabat dengan perut karena kadar asamnya yang rendah, beda dengan Arabica yang tinggi sekali asamnya.

Dengan berjubelnya warung kopi beberapa tahun ke belakang, saya sangat optimis produk kopi deplokan kami akan bisa terserap dengan baik. Karena saya jamin meski diproduksi dengan alat seadanya namun kualitas dan rasanya memang kelas sultan.

JAMU TRADISIONAL "BAPAK PESEK"

Produksi jamu pertama kali gara-gara ibu itu tubuhnya di desain Allah seperti tidak mau dimasukin bahan kimia, macam obat-obatan. Fisik beliau sekuat baja, hampir tidak pernah sakit seperti saya. Tetapi sekalinya sakit beliau tidak bisa minum obat, kalaupun minum dosisnya dosis anak-anak. Jadi ibu sangat bergantung di konsumsi herbal seperti jamu-jamuan. 

Karena sering bikin jamu, ibu iseng bikin agak banyakan buat dibagi di tempat kerjanya. Eh ternyata responnya positif. Memang tangan ibu itu kalau kata orang jawa "sedep". Jadi biki apa-apa pasti enak dan disukai. Berawal dari sana akhirnya kami memberanikan diri untuk memproduksi dalam jumlah banyak untuk dipasarkan.

jamu tradisional bapak pesek

Kami membuat beras kencur dan kunyit asam saja sementara ini. Diproduksi dengan bahan alami dan gula asli tanpa bahan pengawet. Jadi memang dibuat untuk langsung diminum karena hanya tahan dua hari saja di suhu kamar dan tujuh hari di kulkas.

TELUR YAMPUNG ORGANIK "BAPAK PESEK"

Trean masyarakat yang beralih ke organik membuat permintaan telur ayam kampung meningkat pesat. Kebetulan saya memelihara beberapa ekor ayam kampung. Awalnya hanya untuk iseng-iseng, eh kok lama-lama semakin banyak. Alhamdulillah juga produksi telurnya bagus. Kebetulan saya dan suami mencoba-coba membuat takaran pakan yang pas. Belajar dan dicoba-coba akhirnya dapat. 

Permintaan telur juga membludak, dan sering inden. Kalau mau lebih diseriusi lagi mungkin bisa diproduksi dalam jumlah besar sehingga bisa memenuhi permintaan pasar. Telur ayam kampung lebih sehat karena tidak pakai pakan buatan pabrik.

Melihat prospek yang begitu menggiurkan, saya berkeinginan lebih serius lagi menggarap produksi telur yampung ini. Semoga dimudahkan.

telur ayam kampung bapak pesek


YANG SAYA BUTUHKAN UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN

Kalau ditanya apa yang saya butuhkan untuk membangun "Bapak Pesek" menjadi apa yang saya inginkan, saya akan jawab bahwa saya butuh partner. Partner di sini bukan melulu SDM (Sumber Daya Manusia) karena selama ini pun "Bapak Pesek" berjalan bukan sebagai usaha individu, tetapi usaha bersama. Untuk SDM itu saya sudah punya. Yang belum adalah gadget yang membantu kinerja sehingga dapat memperbaiki masalah-masalah yang dulu menyebabkan usaha bapak tidak bisa berhasil.

Partner gadget yang saya butuhkan adalah sebuah laptop. Kenapa kok bukan smartphone? karena saya lebih leluasa bekerja di depan laptop dengan layar yang lebar dibanding menggunakan smartphone. Lantas laptop apa yang saya perlukan di sini? tentu saja yang performanya kencang dan bisa diandalkan layaknya personal assistant.

TIPS PILIH LAPTOP

Karena saya ingin membeli laptop baru sebagai partner, tentu saja sebelumnya saya sudah cari-cari info, apa saja sih yang perlu diperhatikan saat memilih laptop tersebut? berikut catatan kecil yang saya buat sebagai dasar memilih laptop:

  • Punya standar Intel EVO Certified
Apa sih standar Intel EVO itu? kalau mau mudahnya itu semacam standar yang dibuat oleh Intel sebagai standar ideal sebuah laptop yang menggunakan processor Intel Core generasi ke-11. Yang pasti laptop yang sudah mengantongi standar ini sudah bisa dipastikan super duper oke banget canggihnya. Apa saja isi standar Intel EVO itu? kalau saya rangkum kurang lebih seperti ini:

#1
Fast perform. Kecepatan performa sangat dibutuhkan laptop saat ini, dimana kebutuhan individu aupun corporate akan kinerja laptop sangat tinggi dan beragam. Kerja laptop diharapkan mampu untuk bisa mengimbangi kebutuhan-kebutuhan yang beragam tersebut. Jadi Intel EVO mengharuskan prosesor menggunakan Intel Core Generasi ke-11 dan GPU Intel Irish Xe, tetapi hanya Intel Core i5 dan i7 saja yang dapat, tidak termasuk i3. Dengan demikian dipastikan laptop yang sudah mengantongo standar Intel EVO tersebut memang benar-benar teruji performanya.

Saya memang mengharuskan untuk prosesor harus pakai generasi terbaru karena memang saya plot digunakan sampai beberapa tahun ke depan. Harus cepat dan multitasking.

#2
Fast connectivity. Minimal harus sudah terpasang wifi 6 dan port Thunderbolt. Laptop yang punya perangkat koneksi di atas itu pastinya juga lolos standar. Kenapa harus demikian. Kerja digital saat ini sedang mewabah. Apa-apa serba digital. Jadi lancarnya konektivitas adalah hal wajib.

#3
Fast charging. Wajib punya baterai yang mendukung fitur isi ulang cepat. Dengan port USB Type C dan setidaknya user bisa gunakan selama 4 jam dengan pengisian kurang dari 30 menit. Saya dan teman-teman juga tidak mau kan jika harus mengunggu lama sampai baterai penuh. Karena nanti laptop memang akan digunakan secara mobile.

Daya tahan baterai juga harus tinggi. Minimal mampu bertahan hingga 9 jam saat digunakan memakai panel layar dengan resolusi Full HD

#4
Fast respons. Wajib punya kemampuan booting cepat. Termasuk juga lapop mampu hidup kembali dari kondisi sleep kurang dari 1 detik. Ini sih jos banget. Mau kerja cepat bakal bisa terealisasi dengan baik.

#5
Amazing screen. Layar minimal 12 inchi dengan resolusi full HD. Panel layar sentuh atau tidak sentuh dengan bingkai layar tipis. Bisa dalam bentuk desain standar atau two in one.

Bisa dibilang laptop yang sudah punya standar Intel EVO itu pasti bagus. Jadi yang pertama dilihat bisa dari sana. Atau kalau tidakminimal punya spesifikasi yang sama dengan apa yang diinginkan oleh standar Intel EVO tersebut. 

Standar Intel EVO

  • Punya Standar Militer MIL-STD-810G
Sesuai namanya, laptop yang punya millitary grade adalah laptop tahan banting. Punya daya tahan tinggi  dan kokoh sehingga cocok digunakan di medan apapun. Laptop yang sudah punya standar MIL-STD-810G sudah lulus uji. Apa saja pengujian yang harus dihadapi?

Mereka harus lulus uji daya tahan, termasuk di dalamnya dijatuhkan, diguncang dari berbagai sisi. Lulus uji getaran, kelembaban, suhu tinggi dan rendah, dan uji ketahanan di dalam air. Komponen juga harus lolos uji, misalnya keyboard, tidak boleh ada gangguan fungsional setelah pengujian. Selain itu juga uji keamanan laptop, yaitu aman dari segala serangan pencurian data.

Kalau mau laptop yang bisa dibawa kemana pun dan dalam kondisi apapun berarti harus punya standar MIL-STD-810G tersebut.

  • Port bervariasi
Fitur konektivitas sangat diperlukan agar laptop bisa digunakan secara maksimal dan bisa dihubungkan dengan perangkat yang bermacam-macam. Biasanya ada 7 port pada laptop. Harus ada port USB, Port HDMI, port Audio, port SD Card Reader, port Thunderbolt, Port Ethernet, dan port VGA. Pastikan kebutuhan laptop kalian lalu sesuaikan kebutuhan tersebut dengan ketersediaan port dalam laptop tersebut. Dengan port lengkap tentunya lebih bisa memaksimalkan kinerja.
  • Tingkat kecerahan tinggi
Ini berhubungan dengan layar laptop. Saat ini sudah tidak jaman lagi layar laptop menggunakan LCD. Layar OLED sudah menggantikan layar LCD sehingga laptop akan lebih nyaman digunakan. Di era serba digital saat ini. Kerja manusia lebih dari 80% berada di depan layar. Sebab itu layar yang eye friendly tentunya lebih banyak dipilih. Tingkat kecerahan tinggi dengan resolusi full HD akan sangat membantu dalam beerja di banyak bidang. 
  • Kapasitas daya/baterai mumpuni

Siapa sih yang mau kalau laptopnya punya baterai yang cepat habis. Nah sebelum beli laptop hendaknya cek dulu daya tahan baterainya kuat berapa lama. Apa butuh waktu lama buat charge atau tidak. Mengingat akan dipakai sebagai perangkat mobile jadi laptop harus tahan dipakai hingga berjam-jam dan waktu pengisian yang relatif cepat.

Dari beberapa hal di atas, setelah saya browsing  dan tanya sana-sini akhirnya pilihan saya jatuh pada laptop Asus terbaru, yaitu Asus Expertbook B3 Flip (B3402).

tips pilih laptop

WHY EXPERTBOOK?

Pasti banyak yang nanya, kenapa sih milih laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) ini. Kan itu laptop kelas premium. Harganya juga mahal banget. Gimana ya memang laptop itu saya percaya yang paling pas dan cocok untuk saya pakai sebagai partner kerja. Mau kenalan juga sama laptop ini? hayuklah....sekalian saya juga sambil memantapkan diri bahwa apa yang saya pilih ini memang pantas.

Oke, pertama baiknya saya ceritakan dulu. Asus bisa sebesar sekarang bukan karena keberuntungan semata. Asus bisa berkembang sejauh ini juga karena perubahan. Yaitu kemauan dan kemampuan founder nya untuk berubah mengikuti jaman. Mereka tidak terpukau dan berhenti di satu hal saja, tetapi berubah menjadi teknologi yang dibutuhkan masa depan. 

Jadi Asustek Computer Inc. ini didirikan tahun 1989 di Taiwan oleh TH Tung, Ted Hsu, Wayne Hsieh, dan MT Liao. Mereka memang pakar-pakar dalam bidangnya. Awalnya Asus bernama Pegasus, namun disingkat agar lebih mudah diucapkan dan diingat, juga agar dalam urutan abjad bisa jadi yang pertama.

Awalnya mereka hanya memprodukdi part  komputer saja, tetapi karen jaman semakinberubah, mereka pun menyesuaikan perubahan itu dengan berinovasi. Asus booming di tahun 2005 ketika banyak komputer di dunia memakai motherboard merk Asus. Lalu berinovasi, dan berinovasi lagi hingga saat ini menjadi perusahaan yang amat sangat besar dengan 50 kantor pusat di 32 negara dan lebih dari 400 tempat layanan Asus di seluruh dunia.

Produk-produk Asus beragam saat ini, bukan hanya part komputer tetapi juga merambah laptop, notebook, sampai smartphone.

Dannn expertbook hadir sebagai jawaban Asus atas kebutuhan laptop for business. Memang waktu itu Asus sudah punya laptop pro, tetapi Expertbook dihadirkan khusus untuk kelas bisnis. Tentu saja spesifikasinya beda dengan laptop personal. Seri laptop Asus Expertbook sendiri mulai dikenalkan di Indonesia pada 29 Agustus 2019, jadi sudah umur kira-kira 2,5 tahun. Tetapi perkembangannya sangat bagus hingga saat ini. Dibuktikan dengan diluncurkannya seri-seri baru di waktu yang berdekatan.

Asus expertbook b3 flip (b3402)
Sumber: Asus

Laptop Asus Expertbook sendiri dibagi menjadi 2 varian, yaitu Premium Series dan Essential Series. Bedanya apa hayooooo... gini, kalau yang premium series, sesuai dengan namanya itu seri Asus Expertbook yang high budget alias agak mahal, karena part yang membangun laptop itu high grade semua. Nah Asus Expertbook Essential series adalah jawaban bagi konsumen yang menginginkan laptop bisnis tetapi low budget. Eits jangan keburu salah sangka dulu ya, meski low budget tapi komponennya pun nggak kalah hebat sama yang premium.

jenis laptop expertbook


Enaknya laptop bisnis itu ready to-built jadi kalau kita rasa spek-nya kurang bisa kita ganti sendiri. Jadi nggak khawatir ketinggalan jaman. Selama motherboard-nya mendukung sih ya.

Lalu kenapa kok ujug-ujug saya pingin Asus Expertbook B3 Flip (B3402), eh bukan ujug-ujug sih ya. Kan udah search info dari awal. 

#1

Asus Expertbook B3 Flip (B3402) adalah seri terbaru dari varian Asus Expertbook yang diluncurkan. Baru tanggal 8 Juni 2022 kemarin. Jadi saya merasa part-part yang membangunnya pun pasti ter-update. Kalau mau digunakan sampai 10 tahun ke depan saya rasa masih akan relevan.

peluncuran asus expertbook b3 flip (b3402)
Sumber: Kompas.tekno
#2

Baru mengawali usaha, modal saya tentu terbatas karena banyak pos-pos yang harus dipenuhi. Tetapi saya memang butuh laptop kelas bisnis buat mendukung pengembangan usaha tersebut. Nah Asus Expertbook B3 Flip (B3402) ini masuk varian Essential Series jadi bisa di-cover sama dana saya yang terbatas ini.

memulai bisnis

#3

Butuh laptop yang bisa buat aplikasi kompleks. kenapa? karena laptop ini akan saya gunakan tidak hanya untuk satu pekerjaan, tetapi multifungsi. Untungnya Asus Expertbook B3 Flip (B3402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Nah sesuai dengan tips pilih laptop di atas, Prosesor yang digunakan Asus Expertbook B3 Flip (B3402) ini sudah standar Intel EVO. 

Artinya apa, tentu saja dengan prosesor yang canggih ini sudah bisa dipastikan Asus Expertbook B3 Flip (B3402) punya performa yang ciamik. Fast perform, fast respons. Nah sesuai kan dengan mimpi saya untuk membangun "Bapak Pesek" mendunia. Karena nanti ada banyak plan  yang mau saya jalankan dan butuh dukungan performa laptop yang mumpuni agar bisa tercapai.

Selain prosesor standar Intel EVOAsus Expertbook B3 Flip (B3402) dilengkapi dengan DDR atau RAM sampai 16 GB. Artinya walau laptopnya harus mengerjakan banyak hal sekali waktu tidak akan ada macet-,macet. Semua aplikasi akan berjalan dengan baik seperti seharusnya. Nggak pakai antri-antri. Dannn asyiknya DDR ini bisa di-upgrade juga. Kalau misal butuh lebih lagi tinggal tanam DDR tambahan. Keren kan ya.

Laptop asus expertbook b3 flip (b3402)
Sumber: Asus

GPU yang digunakan laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) juga sudah kelas premium, yaitu  Intel® Iris® Xᵉ graphics. Artinya kalau nanti saya tanam aplikasi gambar lebih dari satu tidak ada masalah. Bekerja membuat konten grafis dan video tidak akan terkendala. Rendering juga akan lebih cepat.

Masalah media penyimpanan juga kayaknya nggak perlu pusing. Karena Asus Expertbook B3 Flip (B3402) juga sudah dilengkapi media penyimpan PCIe SSD 3.0 yang punya kapasitas sampai 1 TB. 1 TB gitu loh, mau isi apapun masih bakal muat dan nggak bikin lemot. Enak banget sih dimanjain sama Asus.

Siapa sih yang bakal nolak dapat laptop dengan spesifikasi tingkat dewa gini. Keren iya, nggak lemot pasti. Kerja lancar tanpa hambatan.

#4

Butuh laptop tangguh. Karena memang plotnya buat bisnis, pastinya saya butuh laptop yang tahan banting dan punya "body panser". Nggak lucu juga kan kalau laptopnya gampang penyok karena kebentur sedikit, sedangkan plan yang saya buat mengharuskan laptop tersebut dipakai dimanapun dan kapanpun. Bisa jadi di medan yang nggak friendly buat laptopan juga, misal di atas gunung :), maklum saya suka jalan-jalan di gunung cari inspirasi buat nulis.

Asus Expertbook B3 Flip (B3402) ini alhamdulillahnya sudah sesuai dengan standar Intel EVO selanjutnya, yaitu dia sudah ngantongi sertifikasi standar militer AS (MIL-STD 810-H). Artinya dia punya durability mumpuni. Tahu kenapa, uji sertifikasi militer AS itu mencakup banyak poin lo temans. Jadi laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) diuji secara ekstrem termasuk uji operasional dalam kondisi suhu dan kelembaban tinggi dan juga uji ketahanan struktur laptop dari benturan dan goncangan. Nggak perlu cemas laptop penyok karena jatuh dan benturan lagi deh saya. Kalau saya baca sih casing nya sudah pakai Magnesium Allumunium Alloy, campuran Magnesium dan Allumunium gitu, jadi dia punya bodi kuat tapi ringan. 

standar militer laptop asus expertbook b3 flip (b5402)
Sumber: Asus

Sebagai hasil uji, laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) punya daya tekanan sampai 25 kg dan tahan jatuh dari ketinggian hingga 120 cm.

Pasti teman-teman sedikit ngeri bayangin engsel yang bisa diputar 360 derajat itu bakal cepat rusak. Eitsss jangan salah, engsel laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) bergaransi bisa dibuka tutup sampai 30 ribu kali.

Sebagai penambah tingkat durability Asus Expertbook B3 Flip (B3402) juga dipasang fitur anti-spill keyboard. Maksudnya gimana? ya... saya dan teman-teman nggak perlu cemas laptop bakal rusak kalau ketumpahan cairan. Karena dengan fitur itu keyboard bisa tahan tumpahan cairan sampai 300 cc. Nah ini bagus buat yang agak-agak sembrono macam saya, suka banget numpahin minuman :).

Port konektifitas juga nggak kalah dicermati saat desain. Port-nya dilengkapi pakai rangka konstruksi khusus. Jadi nggak mudah rusak dan pasti tahan lama.

#5

Butuh laptop yang bisa mobilitas tinggi dan fleksibel. Laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) ini dilengkapi engsel khusus yang bisa digunakan untuk membuka layar sampai 360 derajat. Convertible banget kan. Nah kalau diputar 360 derajat, laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) bisa digunakan seperti mode tablet. Tahu kan kalau mode tablet itu bisa digunakan untuk keperluan-keperluan praktis, seperti bikin catatan.

asus expertbook b3 flip (b3402)
Sumber: Asus

Karena bisa di mode tablet, artinya laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) sudah mendukung input sentuh. Macam kita pakai smartphone gitu lah, tinggal sentuh-sentuh saat mau pakai aplikasi yang ada di dalamnya. Asyiknya lagi, ini bagi yang suka gambar, laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) dilengkapi dengan stylus yang terintegrasi pada bagian samping body  laptop.

stylus Asus Expertbook B3 Flip (B3402)
Sumber: Asus

Bobot laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) hanya 1,6 kg dengan ketebalan 1,95 cm. Lebih tebal dan berat dibandingseri latop Asus terkini, tetapi masih dalam batas wajar jika dipegang dengan satu tangan. 

Kalau dibandingkan ukuran layar laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) 14 inchi dengan bezel layar yang cenderung lebih besar pasti temna-teman membayangkan laptopnya akan susah dibawa kemana-mana. Tapi tidak demikian dengan Asus Expertbook B3 Flip (B3402) ini. Masih bisa banget kok dibawa mobiling.

Oh iya tidak ada lagi fitur ErgoLift yang biasanya diusung oleh Asus karena di latop ini karena engselnya sudah bisa diputar 360 derajat.

"Sejak awal ASUS Expertbook merupakan seri laptop yang dibangun dengan konsep mengutamakan produktivitas serta mobilitas". Jimmy Lin, Asus Regional Director Souteast Asia.

#6

Butuh laptop yang multifungsi. Ada banyak fitur yang diberikan Asus Expertbook B3 Flip (B3402) yang mendukung kerja multi. Engsel yang bisa diputar 360 derajat memungkinkan kita bisa memakai Asus Expertbook B3 Flip (B3402)  dalam banyak kondisi dan kebutuhan. Saat butuh mode laptop bisa, saat mode tablet pun tidak ada kendala berarti.

Untuk keperluan telekonferen pun juga sudah sangat bagus. Kamera pada Asus Expertbook B3 Flip (B3402) ada dua. Satu berada di atas layar sebagai kamera utama dan kedua ada di keyboard sebagai kamera pendukung. Saat mode tablet kamera kedua berfungsi sebagai kamera belakang seperti pada smartphone. Enaknya lagi di kamera itu ada penutup kameranya juga, jaga privasi banget ya misal sedang tidak ingin terlihat :)

Dual camera asus expertbook b3 flip (b3402)


Nah yang unik ada di keyboard. Selain punya travel distance khusus Asus yaitu 1,5 mm juga dilengkapi touchpad yang bisa dipakai sebagai number pad. Kalau mau mengaktifkan cukup tekan logo number pad yang ada di pojok kiri atas touchpad dampai indikator LED muncul. Enaknya lagi keyboard laptop 
Asus Expertbook B3 Flip (B3402) juga dilengkapi backligt. Mau kerja di tempat minim cahaya masih bisa lancar kan.

Yang nggak kalah unik, Asus Expertbook B3 Flip (B3402) punya stylus yang bisa mengisi daya secara otomatis saat "dikandangkan" di tempatnya. Stylus ini bisa digunakan sebagai pengganti sensor jari. Aduh ini sih memanjakan banget bagi tukang gambar macam adik saya. Kalau saya gambarnya bukan gambar estetik sih tapi gambar teknik, jadi yang dipakai bukan mengandalkan liukan jari tapi mengandalkan aplikasi seperti inventor atau masterCam :)

Jangan lupa juga ada fitur AI noise cancelling di mikrophone Asus Expertbook B3 Flip (B3402). Ini nih dibutuhin banget saat video call atau telekonference buat meminimalkan sampah suara yang tidak diinginkan. 

voice reducing dan key mute asus expertbook b3 flip (b3402)


#7

Butuh laptop dengan konektivitas tinggi. Menjadi yang terdepan dalam berinovasi, laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) hadir dengan mengunggulkan kemampuan konektivitas. Sebagai inovasi yang dibutuhkan oleh teknologi masa depan Asus Expertbook B3 Flip (B3402) dilengkapi dengan dukungan konektivitas 4G LTE pertama di Indonesia. Wuih asyik juga ya. 

Kalau laptopnya sudah dilengkapi dengan konektivitas 4G LTE artinya sudah nggak perlu lagi pusing saat nggak bisa connect wifi atau tethering. Ini seperti punya modem sendiri buat laptop, kita bisa produksi sinyal sendiri dan nggak perlu perantara gitu lah. Jadi nanti ada slot untuk kartu SIM di dalam laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) yang memungkinkan pengguna bisa tetap terhubung internet di manapun berada dan kapanpun. Tidak perlu mengandalkan sinyal wifi atau menghubungkan dengan smartphone untuk ketersediaan internet.

Apalagi jaringan seluler melalui teknologi 4G LTE ini sudah banyak tersedia di seluruh penjuru Indonesia. Ini bisa jadi andalan misal kita sedang berada di wilayah yang minim jaringan wifi. Sekarang kan semuanya wajib terhubung ya, dunianya sudah banyak yang beralih ke digital. Istilahnya kalau dulu "makan tanpa garam apa rasanya", kalau sekarang "hidup tanpa internet apa gunanya" :)

Jadi kemunculan laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) yang punya koneksi jaringan 4G LTE ini memang ditunggu-tunggu kan. Beneran nih Asus canggih bener punya inovasi yang cemerlang. Cocok buat teknologi masa depan.

Koneksi 4G LTE laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) ini sudah mendukung konektivitas Telkomsel, Smartfren, dan XL Axiata. Sementara ini untuk Indosat Oreedo belum bisa, tapi saya yakin ke depan akan mendukung pula.

Meski begitu laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) tetap dibekali dengan konektivitas wifi 6. Jadi kalaupun mau connect wifi masih akan sangat greng kencengnya.

Selain itu di laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402)  juga tersedia port lengkap sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan pelanggan. Sebelah kiri ada 2 port USB type-C merangkap Thunderbolt 4 dan pengisian daya, juga ada 1 port HDMI serta tempat penyimpanan stylus sekaligus pengisian dayanya.

Sebelah kanan laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402)  ada 1 port USB 3.2, slot micro SD, slot kartu SIM hybrid, indikator status laptop, tombol volume, dan audio jack 3,5 mm.

port konektivitas Asus Expertbook B3 Flip (B3402)
Sumber: Asus

Gimana lengkap banget kan ya. Hayo mungkin ada yang tanya kok nggak ada port buat koneksi LAN?...aduhhh sudah nggak jaman kaliiiii. Kan laptopnya sudah bisa produksi sendiri internetnya pakai kartu SIM yang terhubung konektivitas 4G LTE, lagian sekarang pakai USB type-C juga bisa kan, meski harus pakai konektor dulu.

Yang bikin mupeng memang stylus-nya kan yaaa, dan ada tombol volume yang terpisah, makin nyaman dan gampang banget mau ngapa-ngapain.


#8

Butuh laptop berdaya tahan tinggi. Seperti yang saya uraikan di atas. Asus itu ramah lingkungan. Pada seri laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) juga mengusung hal tersebut. Bisa dilihat dari penggunaan hardware yang sangat efisien dalam hal konsumsi daya. Plus juga ada opsi pengisian daya menggunakan port Thunderbolt 4 USB Type-C, menjadikan laptop ini sangat efisien dalam pengisian dan penggunaan daya. 

Berapa lama sih kita bisa menggunakan laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) bisa tahan digunakan setelah diisi daya penuh? dari apa yang saya baca daya tahannya memang juara, bayangin laptopnya bisa digunakan sampai 11 jam tanpa perlu mengisi daya kembali. Waktu pengisian daya juga relatif sangat efisien, hanya dalam waktu pengisian 15 menit bisa mendukung pemakaian laptop sampai 45 menit. Sempurna banget ya. Jadi saya nggak perlu cemas tiba-tiba daya habis saat masih digunakan.

#9

Butuh laptop yang aman. Aman dari apa nih????. Yang paling penting harus aman buat mata. Saya penderita mata minus, dan pasti bertambah tiap tahun minusnya. Karena nanti harus kerja pakai laptop dalam durasi lama, saya pengennya punya laptop yang nggak bakal merusak mata saya lebih jauh lagi.

Bagusnya laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) ini memakai  panel layar khusus yang dapat melindungi mata dari paparan radiasi sinar biru. Tahu sendiri kan kalau sinar biru itu musuh utama mata, bisa merusak mata dalam jangka panjang penggunaan. Nah laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) beda dengan laptop pada umumnya, layar Asus Expertbook B3 Flip (B3402)  memiliki paparan radiasi sinar biru sebesar 70 % lebih rendah. Ini nih karena ada fitur Eye Care,fiturnya nggak tanggung-tangung sudah mengantongi sertifikasi low-blue ligth dari TUV Rheinland. Jadi nggak perlu khawatir pada kesehatan mata kita. Alhamdulillah.

layar low blue light Asus Expertbook B3 Flip (B3402)
Sumber: Asus
Ada lagi yang bikin makin mupeng. Laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) sudah dipasang lapisan anti bakteri di bagian bodi, kira-kira sejajar dengan keyboard. Bagian tempat dipasangnya anti bakteri itu juga adalah bagian yang paling sering disentuh oleh pengguna. Kenapa kok dipasang anti bakteri...ya biar tidak jadi tempat ber-anak-pinaknya bakteri. Lapisan anti bakteri itu bisa menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99%. Mau ragu? eits tunggu, lapisan anti bakteri ini sudah teruji secara ilmiah lo. Dia sudah mengantongi standar ISO 22196 dan JIS Z 2801. Wuihhh.

anti bakteria Asus Expertbook B3 Flip (B3402)
Sumber: Asus
Di masa-masa yang rawan pandemi ini adanya lapisan anti bakteri itu membantu banget ya buat proteksi kesehatan. Idenya luar biasa nih Asus. 

Oke sekarang ke keamanan data. Kalau menurut saya sih ya, laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) itu kan kelas bisnis, pasti ada fitur keamanan khusus yang ditanam sebagai bagian dari proteksi datanya. Setelah baca-baca sih memang laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402)  sudah dibekali sistem keamanan kelas enterprise, nggak hanya di software tapi juga hardwarenya.

Nih ya ada modul TPM 2.0 yang melindungi data pengguna. Juga ada sensor sidik jari yang terintegrasi pada tombol power. Ini memudahkan saat akan login dan mencegah orang lain buat ngintip-ngintip pasword kita.

Mau mencegah spionase? tenang laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) ini juga punya Webcam Shield atau penutup kamera seperti yang saya uraikan sebelumnya. Jadi privasi kita benar-benar terjaga.

Nah ini nih yang keren banget buat saya, laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) punya juga fitur secure file shredderFitur ini memastikan data yang dihapus benar-benar sudah musnah dan tidak bisa dikembalikan lagi. Fitur ini penting banget memang buat para pebisnis.

fitur keamanan Asus Expertbook B3 Flip (B3402)


Kalau untuk keamanan hardware sudah saya uraikan di atas ya, InshaAllah tingkat keamannya tidak kalah dari keamanan software nya.

#10

Butuh laptop yang punya garansi layak. Masalah garansi ini sebenarnya butuh nggak butuh. Toh saya juga pengguna Asus dan tahu sekali bagaimana ketahanan laptop Asus ini. Tetapi tidak ada salahnya jika tahu tentang garansi yang dimiliki laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402). Setelah saya cari tahu laptop ini punya garansi global selama 2 tahun.

WHY CHOOSE ASUS?

Kenapa saya akhirnya pilih laptop Asus? yah ada beberapa alasan juga sih kenapa pilih laptop ini. Banyak juga yang nyinyir, alahhhh wong cuma dipakai buat jualan pecel saja kok maunya laptop pro. Saya sih diam saja karena memang dalam angan-angan saya ada mimpi yang harus digapai. Karena mimpinya tinggi, partner yang harus saya punya juga harus kualitas tinggi. Why not? lebih baik investasi dengan sungguh-sungguh biar hasilnya pun memuaskan. Berikut beberapa hal yang membuat saya akhirnya menjatuhkan pilihan pada laptop Asus khususnya Asus Expertbook B3 Flip (B3402):

#1

Kadung cinta. 

Gimana ya, saya itu sudah kadung suka dan klik sama Asus. Laptop pertama saya juga Asus, saya beli kira-kira sudah sepuluh tahun yang lalu, mungkin lebih. Dannnn masih bisa saya pakai sampai sekarang. Berfungsi dengan baik meski memang kurang responsif. Kemarin sih rencana mau ganti hard disknya pakai SSD. Karena memang sudah tua juga. Tapi dengan umur segitu, saya jadi yakin kalau memang merk Asus itu bagus. Sudah teruji juga kan sama saya. Sekeluarga juga pakai Asus semua laptopnya. Karena saya tipe setia, mau pindah ke lain hati pun susah, wkwkwk.

#3

Asus ramah lingkungan. 

Isu pemanasan global sedang gencar sekali di-sounding saat ini, termasuk langkah-langkah untuk mencegah isu tersebut berlanjut. Asus ternyata juga sangat aware dengan isu tersebut. Buktinya, Asus juga berinovasi untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan. Mau tahu apa saja itu?

  • Monitor Asus VW-247H-HF. Monitor ini menang dalam survey yang dilakukan Greenpeace bernama  "Green Electronic Survey". Dikatakan monitor Asus ini adalah produk yang bebas bahan kimia paling beracun, efisien dalam penggunaan energi, dan mudah didaur ulang. Keren ya!

  • Asus UL30A. Laptop ini juga termasuk salah satu yang dapat penilaian Greenpeace sebagai laptop ramah lingkungan. Selain menggunakan material yang aman lingkungan dan konsumsi energi yang irit. Laptop ini sampai dapat nilai A dalam energy star.

  • Asus U43JC Bamboo Seies. Laptop ini seperti namanya laptop inipakai material bambu sebagai casingnya. Memang sih bambu itu punya kekuatan tarik serat yang tinggi, saya sendiri sempat melakukan eksperimen pakai serat bambu dan polimer sebagai pengganti logam. Dengan penggunaan material bambu ini tentunya lebih ramah lingkungan karena bisa diuraikan oleh alam dengan alami.
  • Motherboard sertifikasi EUP, di klaim sangat minim konsumsi energi dan sumber daya saat produksi, dapat di daur ulang, dan menggunakan green part management system yang bebas timah.
Gimana, masih nggak mau pakai Asus? yang concern sama perubahan iklim dan cinta lingkungan sudah pasti nggak akan pilih merk lain.

#3

Asus sudah teruji. 

Asus merupakan produsen part komputer terbesar di sunia, meliputi motherboard, GPU dan monitor. Semua part tersebut sudah teruji baik dalam hal teknis maupun dalam hal kulaitas. Penjualan part Asus juga menempati peringkat 1 dunia. Coba deh cek sekeliling kalian, dari 10 orang pasti lebih dari 80% menggunakan part Asus ini.

#4

Asus punya banyak layanan konsumen. 

Asus punya layanan konsumen baik offline maupun online yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri di setiap kota besar pasti ada Service center Asus. Call Center  Asus di 1500-128 juga bisa dihubungi setiap hari Senin-Jumat pukul 09.30-17.00 WIB dan Sabtu pukul 09.30-12.00. Jadi kalau kita punya keluhan bisa mudah ditangani.

#5

Asus mendapat beberapa peringkat di dunia

Nah ini yang bikin saya makin yakin. Asus sudah banyak mengantongi peringkat dunia untuk beberapa komponen. Misalnya saja:

  • Rekor penjualan tertinggi selama 2 tahun berturut-turut mulai tahun 2019.
  • Dapat rekor kinerja server sang sangat bagus.
  • Nomor 6 sebagai perusahaan yang paling dikagumi.
  • dann....peringkat 1 merk laptop di Indonesia.
Kerennnnnn..... kan ......Asus gitu lo :). 

why choose asus

LANGKAH UNTUK MEMBANGUN BAPAK PESEK

Saya tidak mungkin hanya berpangku tangan dan mengharap keajaiban sehingga Bapak Pesek bisa besar seperti yang saya inginkan. Berikut beberapa plan yang saya desain agar Bapak Pesek bisa berkembang:

#1

Optimasi media promosi. 

Apa yang paling dibutuhkan di dunia bisnis? pasti tak lain dan tak bukan adalah promosi. Karena dengan media promosi yang tepat, produk akan dikenal luas oleh calon konsumen. Dari banyaknya calon konsumen yang dapat mengenal produk tentunya akan menimbulkan peningkatan di bagian permintaan produk. 

Langkah yang saya ambil untuk mempromosikan produk, antara lain: 

  • Buat desain kemasan yang eye catching dn menarik pembeli
  • Build medsos.
  • Bikin flyer, banner, dan beberapa media grafis lain untuk mengenalkan produk.
  • Kumpulkan testimoni pelanggan dan perhatikan dengan benar saran yang masuk, buat sebagai "pemanis".
Laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) ini cocok sekali sebagai partner untuk menggenjot promosi produk Bapak Pesek. Dari performanya saja tidak perlu diragukan lagi. Dengan penggunaan GPU Intel® Iris® Xᵉ graphics mau bikin konten promosi bakal cepat tanpa ada macet-macet atau loading lama. Karena didukung pakai prosesor dan DDR yang support untuk aplikasi gambar yang cenderung "berat".

#2

Otomasi proses produksi dan pengemasan. 

Ihhh kok gaya banget sih pake otomasi produksi dan pengemasan. Cuma sambel pecel aja....atau cuma kopi aja...atau wong mung beras kencur...atau halahhh endog pitik wae kok aneh-aneh.

Banyak juga yang nyinyir waktu saya cerita apa yang mau saya lakukan. Ya untuk menuju ke arah itu memang tidak bisa ujug-ujug. Butuh usaha ekstra supaya bisa di titik tersebut. Tapi harus yakin dulu saya bisa, supaya semesta ikut mengamini.

Awal memulai kami, saya dan keluarga memang hanya produksi dengan sistem PO (pre order), jadi nunggu ada pesanan dulu baru buat. Untuk jamu tradisional yang punya masa kadaluarsa super pendek memang masih pakai sistem itu. Tetapi untuk sambel pecel dan kopi sekarang saya sudah rutin produksi per minggu.

Tidak menunggu barang jadi promosi tetap dilakukan untuk menggaet pasar. Nanti lama-lama pelanggan akan makin banyak dan produksi bisa ditingkatkan.

Nah otomasi produksi dan pengemasan pasti akan saya butuhkan ketika produksi secara manual sudah tidak mampu lagi saya lakukan. 

Bayangan saya nanti Bapak Pesek bisa produksi minimal 500 kg sambel pecel per bulan dan 100 kg kopi deplok per bulan. Maka saya bisa pensiun dari kerja kantoran yang saya lakoni saat ini dan fokus di Bapak Pesek saja. Bismillah.

Laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) bisa banget dipakai untuk mendukung optimasi produksi dan pengemasan ini. Bikin formula dan kontrol otomasinya bisa pakai laptop ini. Saya rasa dengan mesin dan memori yang besar akan mampu bekerja secara maksimal sebagai server otomasi tersebut. InshaAllah.

#3

Otomasi pemasaran.

Ini sebenarnya tidak perlu menunggu besar dulu baru dilakukan. Sejak sekarang harusnya sudah ada optimasi pemasaran. Dengan perkembangan teknologi dan dunia digital menjadi sebuah budaya, bukan hal mustahil melakukan otomasi pemasaran.

Caranya bisa dengan membuat website yang mencakup produk-produk Bapak Pesek dengan sistem order dan pembayaran otomatis. Bisa juga dengan mengoptimalkan marketplace. Cuma saya minim ilmu di sektor ini. Jadi butuh banyak belajar dulu.

Laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) cocok sekali digunakan untuk optimasi ini. Mau build website sendiri, atau pakai jasa desainer bukan masalah besar. Bisa dipasang sebagai "gudang" yang diakses banyak calon konsumen.

#4

Buka pasar ekspor.

Ini juga menjadi salah satu mimpi saya untuk Bapak Pesek. Mampu masuk ke pasar ekspor. Memang bukan hal mudah, karena ada banyak hal yang perlu diperbaiki, uji yang harus dijalani untuk dapat sertifikasi, dan banyakkkk ilmu yang harus dipelajari.

Tapi kembali lagi, why not, saya boleh bermimpi setinggi mungkin. Semesta akan ikut mengamini sesuai mimpi yang saya buat. Bukan begitu?

Jadi saya akan tumbuh dan menumbuhkan Bapak Pesek menjadi brand yang dikenal global bersama dengan partner setia saya yaitu laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402). Bismillah.

Kesimpulan

Dari apa yang saya tulis di atas, bisa saya ambil kesimpulan bahwa membangun Bapak Pesek menjadi brand global memang tidak mudah. Banyak hal yang harus dikerjakan. Meski demikian, dengan dibantu partner-partner yang mumpuni hal itu bukan mustahil dilakukan.

Laptop Asus Expertbook B3 Flip (B3402) sebagai partner utama tentu saja akan sangat banyak membantu,karena punya hal-hal yang istimewa seperti fast perform, fast response, fast charging, dan fast-fast yang lain :).

Bismillah maju bersama menggapai mimpi bersama Asus Expertbook B3 Flip (B3402).


Referensi

https://gizmologi.id/computer/laptop/asus-expertbook-b3-flip-b3402/

https://www.handikoo.com/2022/06/asus-expertbook-b3-flip-b3402-laptop.html

https://www.asus.com/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B3-Flip-B3402-11th-Gen-Intel



Main Spec.

ExpertBook B3 Flip (B3402)

CPU

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Free Upgrade to Windows 11¹

Memory

16GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

Display

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80

Graphics

Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)

Input/Output

1x USB 2.0 Type-A

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A

2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery

1x HDMI 2.0a

1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

With privacy shutter

13.0M camera

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2

Audio

Built-in speaker Built-in array microphone with Cortana support

Battery

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension 

32.90 x 22.39 x 1.92 ~ 1.95 cm (12.95" x 8.81" x 0.76" ~ 0.77")

Weight

1.61 kg (3.55 lbs)

Colors

Black

Price

Starts from Rp17.542.000

Warranty

2 tahun garansi global


Artikel ini diikutkan pada lomba Writing Competition Asus Expertbook B3 Flip (B3402)





Author

Marwita Oktaviana

Blogger, Book lover, Writing Enthusiast, A friend of a many students