BLANTERORBITv102

INAUGURASI INDIHOME BLOG COMPETITION, A DREAM COME TRUE

Sunday, September 25, 2022

 

malam inaugurasi IndiHome Blog Competition 2022

Hai temans, masih ingat nggak sama blog competition yang diadain sama IndiHome? sudah lama juga sih ya. Kalau nggak salah lombanya itu di periode 17 Juni-17 Juli 2022. Dengan banyak kategori yang dilombakan, memungkinkan banyaknya peserta yang ikut.

Saya waktu itu memberanikan diri ikut, berhubung ada bahan juga di kategori creative and culture. Mengangkat kesenian lokal desa. Sekali dayung dua tiga pulau terpenuhi. Selain untuk mengikuti kompetisi juga mengenalkan kesenian lokal desa agar lebih dikenal di luar. Berkembang dan bertambah besar. Maka cus lah nulis saya.

Meski proses nulisnya lama, kalau nggak salah waktu itu sampai tiga mingguan. Tapi saya puas dengan hasilnya. Selesai langsung kirim. Habis itu berusaha saya lupakan. Maklum biasa kirim naskah ke media jadi punya prinsip tulis, kirim, lupakan. Kalau beruntung dimuat kalau tidak ya sudah nulis lagi yang lain dan coba terus.

Nah ternyata memang butuh waktu lama sekali untuk menunggu pengumuman pemenang. Saya dapat bocoran dari salah satu panitia kalau artikel yang masuk mencapai 1400-an. Wuih...otomatis saya langsung keder :). Bagi orang yang baru saja belajaran menulis di blog tentu saja saya minder sendiri.

Apalagi dewan jurinya top semua. Mau tahu siapa saja? ini dia mereka yang sudah berjuang keras memilih dan memilah ribuan artikel hingga mendapatkan 36 nama juara untuk enam kategori dan satu kategori favorit:

  1. Jodhy Yudono, Jurnalis Kompas (Perwakilan Kompasiana)
  2. Widyanti Yuliandri, Ketua Komunitas IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis)
  3. Mira Sahid, Founder Komunitas Kumpulan Emak Blogger
  4. Fadli Hafizulhaq, Ketua Forum Lingkar Pena Wilayah Sumatera Barat, dan
  5. Andi Ibnu, Editot Tempo
Tentu saja saya tidak menyangka bahwa saya akan ada diantara ke-36 pemenang tersebut. Siapa lah saya ini, butiran debu diantara para blogger yang sudah khatam jam terbangnya.

Tetapi saya kaget sendiri ketika suatu pagi saya dapat telepon untuk menghadiri inaugurasi IndiHome Blog Competition di Jakarta tanggal 22 September 2022. Jujur saat itu saya spechleess. Diundang ke acara berskala nasional seperti itu belum pernah saya alami. Apakah saya senang? tentu saja. Tetapi sayangnya kondisi belum memungkinkan untuk saya dapat terbang memenuhi undangan itu.

Ada hal-hal yang memang tidak bisa ditinggalkan saat itu. Jadi saya meminta maaf dan memilih mengikuti secara online.

Eh tapi meski agak kecewa tapi tetep saya monitor kegiatan teman-teman blogger lain yang masuk dalam daftar undangan. Jadi rundown acaranya kalau saya amati seperti ini.

Tanggal 21 September 2022 

Tamu undangan, yaitu para blogger kece mulai berdatangan ke Jakarta dari seluruh penjuru Indonesia. Ternyata banyak juga yang diundang :). Dijemput langsung lho sama panitia inaugurasi IndiHome-nya. Enak banget euy.

Lalu blogger-blogger kece tersebut dipersilahkan untuk beristirahat dan menikmati bermalam di Top Hotel Jakarta sebelum esok paginya mengikuti jadwal kegiatan inaugurasi IndiHome tersebut.

 Tanggal 22 September 2022
  • Gedung OPMC Telkom Bogor

Sekitar jam 08.00 pagi peserta inaugurasi IndiHome bersiap menuju gedung OPMC Telkom yang berada di jalan Pajajaran Bogor menggunakan 4 mobil Hiace.

Disambut dengan ramah oleh mbak Elvinda Gladies selaku MC, peserta inaugurasi IndiHome kemudian diajak untuk berkenalan dengan tim dibalik layar IndiHome untuk mengetahui bagaimana lingkungan proses kerja dari social media department dan call center Telkom.

Kata teman yang kebetulan ikut inaugurasi IndiHome, karena jumlah peserta inaugurai IndiHome banyak, pihak panitia membagi menjadi dua grup. Satu grup langsug naik ke lantai 2 sementara grup lainnya langsung menuju lantai 4.

Lantai 2 adalah markas divisi TAM CF. TAM itu singkatan dari Tele Account Management. Tugas dari divisi ini adalah menjaga kualitas Pemasangan Sambungan aru (PSB). Karyawannya mencapai 721 orang. Banyak juga ya :)

Nah di lantai 4  adalah markas bagi karyawan yang bertugas memonitor media sosial dan menghandle keluhan pelanggan yang masuk lewat media sosial tersebut. Semacam call center gitu kali ya. Dulu saya sempat juga kerja jadi call center, tetapi di Telkomsel. Masih anak dari Telkom juga, jadi sedikit tahu bahwa ketika seorang karyawan sedang memberikan layanan pelanggan wajib menyebutkan nama terlebih dulu. Kalau di OPMC ini tujuannya agar bisa dilacak kinerja karyawan terbut bagaimana. Itu yang diceritakan sama teman saya.

kunjungan ke OPMC Bogor

Setiap keluhan akan langsung ditangani oleh satu agen sampai selesai. Tetapi jika ada keluhan yang agak-agak riskan dan butuh penanganan khusus maka baru akan dialih tugaskan ke team leader-nya 

Menurut pengalaman, kalau kerja nya semacam pelayanan publik gitu biasanya padat karya. Jadi nggak heran kalau total karyawan IndiHome di OPMC ini mencapai 1200 orang dengan sistem kerja sift 24/7. Dengan begitu maka IndiHome bisa dengan segera mengeksekusi keluhan pelanggan dengan cepat kapanpun. 

  •  Gedung Telkom Hub

Setelah puas jalan-jalan di OPMC Bogor, peserta inaugurasi IndiHome diajak ke gedung Telkom Hub atau Telkom pusat yang ada di Jl. Gatot Subroto Jakarta. Telkom Landmark Tower ini kata teman saya menampilkan sesuatu yang beyond her expectation. Jadi ada layar lebar yang menampilkan animasi dan tagline "Great Place to Work" secara bergantian. Macam di luar negeri gitu.

employee corner Telkom Hub

Karena memang sudah waktu makan siang, peserta diajak langsung ke lantai 31 yang merupakan employee corner. Ruang dimana karyawan bisa beristirahat sambil workout. Ada banyak cafe-cafe juga yang melayani karyawan makan siang. benar-benar memanjakan karyawan deh pokoknya. Enak banget kayaknya kerja disana ya...

employee corner Telkom Hub
  • TIOC Command Center Telkom

Kunjungan selanjutnya adalah ke TIOC (Telkomgrup Integrated Operation Center) Command Center yang ada di gedung merah putih. Di tempat inilah Telkom mengoperasikan jaringan di Indonesia. 

Di TIOC peserta inaugurasi IndiHome diajak menuju Command Center, tempat dimana biasanya dewan direksi melakukan rapat dengan layar lebar yang bisa menampilkan peta jaringan di seluruh wilayah Indonesia. Keren banget. Setelahnya peserta diajak masuk ke monitoring hall 1 yang dijaga ketat privasinya.

Dari gedung ini semua masalah Telkom bisa dipantau secara menyelruh dengan baik. Tidak hanya itu bahkan MADIMAS (Machine Learning Social Media for Disaster Monitoring Alert System), koneksi IndiHome, Peduli Lindungi, gempa, hingga prakiraan cuaca bisa dipantau di sini. Wowwwwwww.

Nah setelah 3 kunjungan ke 3 tempat berbeda, peserta inaugurasi IndiHome kembali ke hotel untuk istirahat sejenak. Eitsss tapi ada tugas buat kasih review selama kunjungan jadi istirahatnya di skip sampai selesai inaugurasi deh :)

  • Malam Inaugurasi IndiHome di Hotel Raffles Jakarta

 Nah puncak acaranya dilaksanakan malam hari di ballroom hotel Raffles Jakarta. Di sini para peserta inaugurasi IndiHome dipersilahkan makan malam terlebih dulu diiringi musik. Acaranya kalau kata saya sebanding dengan Indonesian Idol lah :)

 Meski hanya bisa ikut lewat online saya ikut merasakan kemewahan dan kemeriahan acara di sana. Dipandu oleh duo host keren Kak Safira dan kak Gibran acara semakin malam semakin gegap gempita.

para pemenang IndiHome Blog Comtetition 2022

 Ada juga sedikit informal speech dari Bapak E. Kurniawan selaku Vice President Marketing Management Telkom sebelum pengumuman para pemenang dibacakan. Terus terang saya juga ikut deg-degan meski tidak yakin bisa menjadi salah satu dari ke-36pemenang dengan banyaknya artikel yang masuk ke meja panitia.

Ternyata usaha saya untuk bisa terus on ketika acara berjalan sambil menunggui ibu yang sedang sakit diganjar dengan berlebih oleh Allah SWT. Saya ada diantara ke-36 pemenang itu. Dan menjadi peringkat pertama untuk kategori creative and culture. Tangan saya gemetaran saking nggak percayanya. MashaAllah ini benar-benar berkah yang dijatuhkan bertubi-tubi kepada saya. Alhamdulillah.

 Senengnya lagi panitia gercep banget ngirim hadiahnya. Langsung klunting. Bismillah bisa dipakai nabung buat renov rumah. Terima kasih IndiHome. Semoga tahun depan bisa ikut meramaikan lagi kalau ada lomba sejenis. Terima kasih telah diberi kesempatan dan diapresiasi dengan sangat baik. Jaun diatas apa yang bisa saya bayangkan.

Deretan Pemenang IndiHome Blog Competition 

Mau tahu siapa saja yang beruntung menjadi pemenang dari IndiHome Blog Competition di tahun 2022 ini? berikut daftarnya:

Bloger Favorit IndiHome

NoNamaUrutanLink BlogHadiah
1Firsty Ukhti MolyndiBlogger Favorit IndiHome 2022Manfaat Internet Untuk DisabilitasRp 20.000.000

 

Kategori Creative & Culture

NoNamaUrutanLink BlogHadiah
1Marwita OktavianaJuara 1Aktivitas Tanpa Batas IndiHome dan ReogRp 7.000.000
2Lati Fika SumantiJuara 2Manfaat Internet Bantu Kreatif dari Rumah Olah SampahRp 5.000.000
3Novarty Eka PutrianaJuara 3Manfaat Internet untuk Pelestarian BudayaRp 2.500.000
4Dian KusumawardaniJuara HarapanIndiHome Internetnya IndonesiaRp 1.000.000

 

Kategori Ekonomi & Bisnis

NoNamaUrutanLink BlogHadiah
1Deddy WijayaJuara 1Bisnis Lancar Berkat IndihomeRp 7.000.000
2Nabilla Desyalika PutriJuara 2Internetnya Indonesia IndihomeRp 5.000.000
3Mugniar MarakarmaJuara 3Ledakan Kolaborasi ala Fadel GroupRp 2.500.000
4Marita Surya NingtyasJuara HarapanKarena IndihomeRp 1.000.000

 

Kategori Game & eSport

NoNamaUrutanLink BlogHadiah
1Aldhi Fajar MaudhiJuara 1Proyeksikan Imajinasi Maya Tanpa Batas Bersama IndihomeRp 7.000.000
2Jihan MawaddahJuara 2Penghasilan dari Games Bersama Internetnya IndonesiaRp 5.000.000
3M Hadi Panji SaputroJuara 3Manfaat Internet Bagi EsportsRp 2.500.000

 

Kategori Kesehatan

NoNamaUrutanLink BlogHadiah
1Zahra RabbiradliaJuara 1Indihome Katalisator Kesehatan IndonesiaRp 7.000.000
2Raysa LestiantiJuara 2Manfaat Internet dalam Pemulihan Kondisi Mental Penderita SkizofreniaRp 5.000.000
3HennyJuara 3Indihome Internetnya IndonesiaRp 2.500.000

 

Kategori Lifestyle

NoNamaUrutanLink BlogHadiah
1Nur Laela FitriyaniJuara 1Inovasi Lifestyle Tanpa Batas Smart Living Bersama IndihomeRp 7.000.000
2Dyah Ayu NovitasariJuara 2Seuntai Kisah Keluarga Nomaden Bersama IndihomeRp 5.000.000
3Wiko NurdianJuara 3Melihat Perubahan Gaya Hidupku Bersama Indihome Melalui Mesin WaktuRp 2.500.000
4Hamimah TurrohmahJuara HarapanMerajut Impian Bersama Internetnya IndonesiaRp 1.000.000

 

Kategori Parenting

NoNamaUrutanLink BlogHadiah
1Nurvita IndariniJuara 1Indihome Internetnya IndonesiaRp 7.000.000
2Lintang Gumilang AngganieJuara 2Dari Rumah untuk Dunia Bersama IndihomeRp 5.000.000
3Husnul KhotimahJuara 3Indihome dan Literasi Digital AnakRp 2.500.000
4SupadilahJuara HarapanParenting Bersama IndihomeRp 1.000.000

 

Kategori Pendidikan

NoNamaUrutanLink BlogHadiah
1Rita Wati,S.KomJuara 1Perjalanan Menjadi Guru InspiratifRp 7.000.000
2Alif SyuhadaJuara 2Menyongsong Era Society 50 dengan Kuliah Daring Tanpa Batas Bersama IndihomeRp 5.000.000
3UbaidillahJuara 3Indihome Mengubah Tanah Basah Bekas Tsunami AcehRp 2.500.000

 

Kategori Profesi

NoNamaUrutanLink BlogHadiah
1Danan Wahyu SumiratJuara 1Alfie Setia Mengabarkan Dari Utara NusantaraRp 7.000.000
2Mutia RamadhaniJuara 2Internetnya Indonesia Buka Surga Penulis BukuRp 5.000.000
3Bambang PurnomoJuara 3Website untuk Masjid Sedekah Digital Seorang Pekerja Digital KampungRp 2.500.000
4Rini Novita SariJuara HarapanManfaat Internet Bagi Tax OfficerRp 1.000.000

 

Kategori Teknologi & Internet (ICT)

NoNamaUrutanLink BlogHadiah
1Amelya JuwitasariJuara 1Tol Langit IndiHomeRp 7.000.000
2Hendra WardhanaJuara 2Semakin "Melek Informasi", Semakin Berdaya Menyuarakan Kebenaran dengan Internetnya IndonesiaRp 5.000.000
3Fauji YaminJuara 3Desaku Terjamah InternetRp 2.500.000

 

Kategori Tourism & Hospilatily

NoNamaUrutanLink BlogHadiah
1Alfian ArbiJuara 1Manfaat Internet IndiHome Telkom IndonesiaRp 7.000.000
2Ulfah AuliaJuara 2Manfaat Tak Terbatas Explore Daerah Wisata Terbaik Bersama IndiHomeRp 5.000.000
3Aditya AkbarsyahJuara 3Bersama IndiHome Teluk Kiluan Bangkit Setelah PandemiRp 2.500.000

 

 Selamat kepada semua pemenang, dan termasuk pada diri saya sendiri. Kamu sudah berusaha keras, kamu pantas menjadi pemenang. Jangan merasa rendah diri, yakin saja kamu bisa. :)

Untuk yang belum beruntung, tulisan kalian juga keren-keren lo. Beberapa saya baca di blog-blog yang saya kenal. Ayo berjuang lagi tahun depan, jangan patah arang. GANBATTE!!!

Terima kasih IndiHome sudah mendongkrak rasa percaya diri saya ke tingkat yang lebih tinggi. Ada beberapa hal yang sedikit berubah dengan kemenangan saya ini. Salah satunya sedikit respek dari suami, wkwkwk.

 



Author

Marwita Oktaviana

Blogger, Book lover, Writing Enthusiast, A friend of a many students