BLANTERORBITv102

ERANYA PEMUDA DIGITAL, REKAM JEJAK BLOG DARI MASA KE MASA

Sunday, October 23, 2022


 Jujurly, saya masih belum bisa move on dari ekstase kemenangan saya di IndiHome Blog Competition 2022 kemarin. Masih nggak nyangka dan nggak percaya bisa merebut juara 1 kategori Creative and Culture. Dunia blog memang baru buat saya, sebelum-sebelumnya saya lebih suka menulis fiksi seperti cerpen dan puisi untuk dikirim ke media atau ikut lomba. 

Awalnya saya kenal blog karena terpaksa:), akhirnya terstimulus oleh salah satu blogger favorit saya Mbak Jihan untuk coba-coba ikut lomba blog. Dannnn akhirnya I did it !!!!, I won the first medal. wkwkwk.

Saya beneran kaget waktu ditelpon pihak panitia untuk datang ke acara inagurasi IndiHome Blog Competition 2022. Wah bagi saya itu something yang wah banget. Diundang langsung untuk datang di acara tingkat Nasional. Saya tidak punya pikiran bahwa saya termasuk dalam salah satu pemenang. 

malam inaugurasi IndiHome Blog Competition 2022
Acara malam inaugurasi IndiHome Blog Competition 2022

Sayangnya saat itu waktu belum berpihak pada saya. Ibu sedang dalam kondisi yang tidak mungkin ditinggal jauh. Jadi saya belajar mengikhlaskan dan melepas kesempatan prestise tersebut. Saya hanya berdoa semoga esok akan ada kesempatan-kesempatan yang sama seperti itu lagi.

Jadi saya hanya bisa mengikuti acara tersebut secara online. Untungnya karena pakai internet cepat dari IndiHome di rumah, tidak ada kendala yang berarti. Tayangan berjalan lancar tanpa gangguan. Pas nama saya disebut sebagai juara, MashaAllah terharunya luar biasa. Terima kasih IndiHome sudah memberi kesempatan dan sudah mengapresiasi tulisan saya beyond my expectation.

pemenang IndiHome Blog Competition 2022
Para pemenang IndiHome Blog Competition 2022

Bagi saya sendiri, IndiHome sebagai penyedia internet cepat di Indonesia telah memberi banyak hal. Kepercayaan diri yang paling utama, karena saya cukup merasa insecure setiap kali ikut lomba blog karena sadar bahwa menulis non fiksi begitu menguras tenaga.

Melihat tulisan teman-teman blogger yang kece-kece juga tak jarang membuat nyali ciut. Bisa nggak, bisa nggak. But...kemenangan kali ini mendongkrak percaya diri saya di tingkat unlimited, wkwkwk. Saya yakin saya bisa meskipun masih newbi.

Baiklah secara saya masih baru juga di blog, sepertinya enak juga kalau saya dan teman-teman tahu dulu blog itu apa dan bagaimana blog bisa ada sampai saat ini

Dari tadi ngomongin blog, tapi belum paham apa blog itu. Jadinya kan gimana gitu ya?

Blog menurut saya adalah sebuah situs online yang berisi konten baik tulisan, gambar, maupun video yang dibuat oleh penulis atau pemilik blog sebagai postingan pada website. Isinya bisa macam-macam sekali. Ada yang personal, bisnis, edukasi, dan yang lain.

Kalau diperhatikan sih blog sekarang sudah mendominasi isi website. Semakin tahun semakin ramai baik di dunia maupun Indonesia pada khususnya . Terlebih karena fasilitas internet cepat yang diprakarsai IndiHome dari TelkomGrup di Indonesia. Tapi jelas perjalanan blog sampai ke titik saat ini tidak mudah. Mau tahu gimana rekam jejak blog dari awal dibuat? Jalan-jalan yuk....


"Segalanya berawal dari sebuah catatan harian di jaringan komputer"

 Pernah nggak kepikiran, internet saat ini perkembangannya dimulai hanya dari hal sesederhana catatan-catatan harian pengguna internet yang kemudian hari disebut dengan blog?. Yes kawan peran blog memang sangat besar pada perkembangan internet. Bayangin aja sebuah buku kosong, tidak ada arti apa-apa jika tidak ada tulisan di dalamnya. Internet juga demikian, jika bukan karena informasi-informasi yang ditulis oleh pengguna internet, maka apa gunanya.

Informasi-informasi itulah yang kemudian diakses dan dijadikan referensi oleh masyarakat pengguna, jadi arus lalu lintas internet tidak mandeg di tempat. Terus melaju tanpa batas, apalagi jika didukung dengan internet cepat tanpa jeda. 

## 1994 ##

Ingat nggak heroiknya Bung Tomo saat merobek bendera Belanda di Hotel Yamato Surabaya?

Peran pemuda untuk perkembangan dunia menjadi lebih baik lagi memang tidak perlu diragukan. Ya kan???

Blog juga memiliki seorang pionir pemuda jurnalis yang juga mahasiswa Swathmore College bernama Justin Hall yang mulai menuliskan catatan-catatan hariannya di sebuah link bernama Links.net. Platform ini disebut-sebut sebagai wadah pertama blogging oleh New York Times di tahun 2004. Justin menyebut website yang berisi catatan hariannya sebagai online diary. Isinya apa? tentulah catatan harian seperti namanya.

Links.net
Situs buatan Justin Hall 

Eits tapi beda dong ya catatan harian jurnalis sama catatan harian saya, wkwkwk. Kalau punya saya isinya remeh-temeh yang nggak pantas dibaca orang lain :)

Kalau Links.net ini isinya postingan singkat kemudian terdapat link yang mengarah ke website yang Justin suka atau ke karyanya sendiri.

## 1997 ##

Pada bulan Desember tahun 1997 semangat seorang pemuda bernama Jorn Barger, programmer yang juga editor Robot Wisdom dari Ohio memunculkan istilah weblog untuk kegiatan yang dia lakukan di internet. 

Weblog berasal dari kata "web" yang berarti website dan "log" yang berarti catatan. Jadi weblog itu semacam catatan yang ada di website.

robot wisdom on blogspot
Robot Wisdom

Isi dari Robot Wisdom adalah artikel tentang teknologi. Pada saat itu pastinya artikel-artikel yang tayang di Robot Wisdom semacam harta karun bagi pengguna internet yang masih sangat minim bahan informasi berkualitas.

## 1998-2002 ##

Tahun 1998 seorang pemuda jurnalis bernama Jonathan Dube membuat blog pertama dengan judul Hurricane Bonnie for The Charlotte Observer. Kalau baca judulnya aneh juga ya. Kok bikin judul se-absurd itu. Yah mungkin terbawa semangat mudanya juga sih wkwkwk.

Di tahun 1998 juga lahir platform blogging pertama di dunia dengan tajuk Open Diary. Platform ini memungkinkan pengguna saling memberikan komentar satu sama lain. Jadi Open Diary adalah platform pertama yang bisa diakses secara umum, meski tampilannya masih sederhana sekali. Memang di tahun-tahun ini situs-situs sangat berkembang. 

the open diary
The Open Diary

Tahun 1999 menjadi tahun dimana platform blog bermunculan. Ada Xanga, Blogger, dan LiveJournal. Di tahun ini juga istilah Blog dipopulerkan oleh Peter Merholz yang merupakan singkatan dari weblog.

Xanga
Xanga

Semangat para pemuda dunia begitu tingginya, terbukti LiveJournal diluncurkan oleh Brad Fitzpatrick di tahun 1999 juga. Situs ini memberi akses pada pengguna internet secara umum untuk membuat blog dengan domain di LiveJournal.

LiveJournal

Beberapa bulan kemudian Pyra Labs meluncurkan platform Blogger yang dikembangkan oleh seorang pemuda bernama Evan Williams. Dari beberapa platform blog di atas hanya blogger lah yang masih bertahan sampai hari ini setelah diakuisisi oleh Google.

Blogger

Dengan adanya akuisisi oleh Google tersebut memungkinkan Blogger bisa diakses secara gratis oleh pengguna internet dan menjadikannya semakin berkembang sampai sekarang.

Di era 2000an perkembangan internet juga tidak stagnan. Cikal bakal video blog atau vlog muncul di era ini. Dalam sebuah postingan blog muncul sebuah video yang merekam aktifitas seorang pemuda bernama Adam Kontras. Adanya video dalam blog menandai bahwa internet cepat sudah mulai bekerja. 

## After 2002 ##

Industri di dunia blog tahun-tahun ini memang masih belia, belum mature tapi pengguna internet mulai tahu bahwa mereka bisa menghasilkan uang dari blog atau situs yang mereka miliki. Tetapi di tahun-tahun ini pula terjadi momen dotcom bubble, yaitu sebuah momen krisis keuangan akibat dunia internet.

Meski begitu, banyaknya diskusi yang terjadi di dunia blog mengiringi inovasi dalam blog itu sendiri. Bahkan ada yang berkomentar bahwa blog akan menggantikan publikasi konvensional seperti koran dan majalah.

Tahun 2002, komunitas blog, Gizmodo dan Gawker lahir. Gizmodo merupakan situs komunitas blog yang populer pada saat itu dan mampu bertahan sampai sekarang. Dan Gawker merupakan situs gosip. Sayangnya situs ini tidak bertahan dan tumbang di tahun 2016 akibat masalah hukum. Ya kaleee situs gosip, pasti riskan kena masalah pencemaran nama baik, dan lain-lain.

Tahun 2003 adalah tahun kelahiran platform Typepad dan WordPress. Kedua situs ini masih ada sampai saat ini. Bahkan WordPress menjadi CMS (Content Manajemen System) paling populer di dunia dengan penguasaan 35% pasar dunia di tahun 2020. 

typepad
Typepad di tahun 2003 Sumber: Way Back Machine via hubspo

Kok bisa??? ya iya karena WordPress memungkinkan pengguna untuk meng-custom blognya sesuai dengan keinginan.

wordpress
WordPress di tahun 2003 Sumber: Way Back Machine via hubspo

Di tahun 2003 juga karena kepopuleran blog, Google meluncurkan fitur periklanan Adsense dan AdWords yang bisa digunakan pengguna untuk mengintegrasikan blog mereka dengan iklan produk atau iklan layanan yang sesuai.

Di tahun 2004 Merriam-Webster, kamus terkemuka dunia memasukkan kata blog sebagai Word of The Year. Karena saat itu blog telah menjadi perbincangan berbagai kalangan.

Sepertinya memang ketertarikan pengguna internet terhadap blog kian hari kian besar. Tumblr yang merupakan platform microblogging, dirilis di tahun 2007. Tumblr memungkinkan pengguna untuk membuat postingan singkat dengan tambahan objek multimedia seperti gambar, animasi, video, dan audio.

tumblr
Tumblr

Nah di Indonesia, tak kalah dengan mereka-mereka di luar negeri, tahun 2008 Kompasiana lahir. Kompasiana adalah platform blog bersama yang lahir dari Kompas Group. Kompasiana muncul oleh keinginan tim jurnalis senior seperti Pepih Nugraha dan Budiarto Shambazy.

kompasiana
Kompasiana

Beberapa tahun setelah Kompasiana lahir, sekitar tahun 2012 Evan Williams mengembangkan wadah blog tanpa iklan dengan nama Medium. Penggunanya kebanyakan para programmer dan jurnalis. Evan mengembangkan wadah blog ini dari keprihatinannya atas menurunnya kualitas publikasi akibat banyaknya iklan yang muncul.

medium
Medium

Sampai sekarang pun blog sebagai sebuah platform masih tetap ada bahkan berkembang dengan sangat baik. Ada banyak wadah baru yang muncul seperti Weebly, Linkedin Pulse, Ghost, Squarespace, dan masih banyak lagi.

Banyak paltform blog lahir, ada yang bertahan, ada pula yang harus hilang. Namun kita semua tahu bahwa blog adalah tentang menulis, tentang cerita dan publikasinya.

Tanpa blog, rasanya internet seperti apapun tidak akan pernah bisa ajeg. Karena blog mewarnainya dengan banyak cerita-cerita yang relevan dengan manusia dan kehidupan yang berbudaya. Informasi didapat dari setiap cerita yang ditulis dan dipublikasi. Dari sana manusia belajar menghargai diri dan bumi.


Ini bulan favorit saya, Oktober. Selain bertepatan dengan bulan lahir saya juga menjadi bulan yang bikin ekstase meningkat. Kenapa? karena biasanya di bulan inilah hujan pertama turun, wkwkwk. Ya gimana dong saya-nya suka hujan :0

Di bulan Oktober juga adalah bulannya pemuda. Tepat di tanggal 28 Oktober, sehari setelah saya lahir didapuk sebagai hari sumpah pemuda. Tahun ini kira-kira apa saja kontribusi pemuda ke Indonesia?

Tahu sendiri ya, sekarang ini sudah masuk era digital. Setiap lini hidup masyarakat terdigitalisasi secara masiv sekali. Kalau saya bilang saat ini adalah era-nya pemuda digital.

Lalu apa saja yang sudah dilakukan pemuda pada bangsa untuk bisa membawa Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Saya yakin dengan sudah terfasilitasinya internet cepat oleh IndiHome, dunia digital di Indonesia bisa ditingkatkan ke level yang tak terbatas.

Era pemuda digital benar-benar terjadi, saya pun takjub setelah tahu banyak pemuda-pemudi Indonesia yang berprestasi dan membanggakan Indonesia. Generasi Z yang mayoritas sudah melek internet, justru mampu dengan baik memanfaatkan internet untuk mengembangkan kemampuan pada lini yang mereka geluti. 

Indonesia mampu bertahan sampai saat ini tak lain tak bukan adalah berkat jasa para pemuda. Seperti halnya Bung Tomo yang mampu menggerakkan semangat arek-arek Suroboyo melawan penjajahan Belanda. Adanya momen sumpah pemuda juga sangat berperan menyatukan pemuda Indonesia dalam satu tujuan yang sama demi kemajuan bangsa.

Dalam dunia yang sudah terdigitalisasi secara massal saat ini, bukan lagi generasi old yang banyak berperan. Generasi yang paling mampu memanfaatkan sumber daya dengan baik adalah para pemuda, generasi milenial dan generasi Z. Inilah saatnya pemuda-pemudi bangkit dan berperan dalam pembangunan Indonesia.


Berikut para pemuda digital yang turut serta memperahankan semangat sumpah pemuda untuk membangun bangsa di lini usaha masing-masing. Tentu saja mereka sudah mampu memanfaatkan internet cepat untuk kepentingan pengembangan usahanya.

#1. Sandy Okta Susila

Di dunia pertanian ada Sandy Okta Susila. Pemuda lulusan S2 IPB yang menggerakkan 373 petani dan mengelola 120 hektar lahan sayuran yang berafiliasi dengan PTPN, lahan swasta, dan lahan pribadi saat ini membawahi sekitar 50 karyawan.

Bergelut dalam bidang pertanian modern, Sandy mengawali karirnya sejak semester 5. Pemuda yang awalnya miris dengan kondisi petani ini berusaha untuk meningkatkan derajat dan pendapatan para petani dengan membantu memasarkan hasil lahan sayur mereka.

sandy okta susila

Tahu sendiri sayur tidak tahan lama, seringnya karena kendala dalam hal pemasaran, akhirnya kualitasnya menurun dan harganya anjlok. Petani merugi.

Dengan modal internet cepat, Sandy menawarkan produk sayur melalui website dan media online lain dengan harga yang sesuai. Jika ayahnya menjual ritel, maka Sandy langsung menyasar pasar cepat saji seperti hotel, restoran, dan catering. Saat ini omzetnya bisa tembus 500 juta per bulan. Keren kan...

#2. Rayndra

Lain Sandy, lain Rayndra. Kalau Sandy di bidang pertanian, maka Rayndra memilih bidang peternakan sebagai lini job nya. Pemuda lulusan SMK ini menerjunkan diri untuk beternak kambing. Tagline nya adalah beternak kambing tanpa "ngarit". 

Di bawah naungan Cipta Visi Group, Rayndra saat ini mengelola sekitar 700 kambing dan 20 sapi. Omsetnya mencapai 200 juta per bulan dan meningkat drastis sampai 1,5 milyar saat Idul Adha.

Berhasilnya Rayndra berkat keahliannya memadukan konsep peternakan dan pertanian dengan inovasi dan teknologi. Berbekal lierasi digital yang dia punya, Rayndra mampu melakukan presentasi secara daring sebagai promosi dengan baik. Hasilnya seorang investor tapa ragu menggelontorkan Rp. 100 juta uangnya untuk dikelola di peternakan miliknya.

rayndra

Selain itu Rayndra juga rajin mengupload konten video di kanal youtube  Cs Sapi miliknya untuk berbagi ilmu menjadi wirausaha di bidang peternakan dan pertanian.

Nah kan bukti bahwa internet cepat sangat membantu milenial untuk mengembangkan diri dan lini usahanya dengan sangat gemilang.

#3 Christopher Farrel

Di ranah teknologi ada Christoper Farrel yang di usia belianya sudah mampu masuk menjadi salah satu karyawan Google berkat startup yang dia geluti. Dia mengembangkan startup untuk compressing data bernama Kecilin yang dikembangkan saat usianya baru 18 tahun. 

christopher farrel

Berkat bakatnya tersebut Farrel diajak kolaborasi oleg Google untuk mengembangkan algoritma kompresi data. Keren banget kan cuy. 

#4 Jerome Polin

Siapa sih yang nggak kenal Jerome Polin? yup pemuda berprestasi yang sering mengunggah konten selama kuliah di Jepang ini memang menarik sekali. Pandai matematika, tampan, banyak cuan. Banyak lah pasti cewek-cewek yang naksir. wkwkwk.

jerome polin

Dalam konten yang dibuat berisi kehidupan pribadi selama kuliah di jepang, belajar bahasa jepang, dan matematika. Pemuda yang baru saja lulus S1 di bulan Maret 2022 ternyata saat ini juga menjadi CEO Mantapu Corp. keren ya.

#5 Jajaran Blogger Keren Indonesia

Dalam dunia blogging yang begitu pesat perkembangannya saat ini. Tentunya banyak blogger yang notabene pemuda-pemudi Indonesia ini banyak memberikan inspirasi dan semangat menuju Indonesia yang lebih baik. 

Ada Mbak Jihan Mawwadah (JinggaGroup) blogger favorit saya. Yang sekarang sukses dengan ternak blognya. Isi blognya pun beragam, mulai lifestyle sampai travelling. Ada Kang Amir (www.kangamir.com) yang jadi langganan juara blog. Saya ngefans dengan infografisnya sih sama seperti punya kak Siti Mustiani (www.sitimustiani.com) yang infografisnya kece badai.

Yang butuh review buku bisa baca blognya kak Pauline Destynugraini (www.destybacabuku.com). Di sini disajikan review dari banyakkkkk banget buku. Lengkap deh pokoknya.

Dannn masih banyakkkk banget blogger-blogger di luar sana yang bagus-bagus. Mau ditulis semua nggak mungkin juga.

Kalau saya sih masih belum ada apa-apanya dibandingkan para suhu ini. Perlu ningkatin gaya nulis sama bikin infografisnya biar makin kece.


Baiklah, setiap individu memang diciptakan oleh Tuhan dengan kemampuan dan karakteristik masing-masing. Di bulan Oktober bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, hendaknya kita gali kembali semangat para pendahulu kita.

Dengan telah tersedianya internet cepat oleh IndiHome bukan mustahil kita, saya dan teman-teman pemuda Indonesia berusaha membantu pembangunan Indonesia ini dengan keahlian masing-masing. Petani yang dulu dianggap sebagai profesi ecek-ecek, sekarang bisa menjadi elit karena ada digitalisasi di sana. Juga lini usaha lain yang dulunya masih konvensional sekarang sudah digital.

Peran pemuda di era digital ini sangat diharapkan. Kita punya keunggulan di usia, keberanian, kreativitas, literasi digital, dan kemampuan-kemampuan lain yang bisa dipakai sebagai alat untuk maju. Bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga membawa Indonesia lebih baik lagi. Membawa Indonesia mampu bersaing di pasar global yang semakin kompetitif. Semoga.



Referensi

https://id.quora.com/Apa-yang-kamu-ketahui-tentang-sejarah-blog

https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/kenalkan-rayndra-petani-milenial-lulusan-smk

https://superapp.id/blog/kontes-blog/blogger-indonesia/




Author

Marwita Oktaviana

Blogger, Book lover, Writing Enthusiast, A friend of a many students