BLANTERORBITv102

EKSOTISME PANTAI PASIR PUTIH SITUBONDO

Sunday, October 27, 2019

Beberapa waktu lalu saat ada sedikit waktu untuk berlibur, kami memutuskan untuk pergi mengunjungi saudara yang tinggal di Situbondo. Dengan dalih ingin menikmati perjalanan, kami memutuskan untuk menggunakan motor menuju ke sana. Jarak tempuh dari Lamongan-Situbondo sekitar 267 km kami tempuh dalam waktu 6 jam. Memang dengan menggunakan motor perjalanan relatif lancar tanpa hambatan.

Pemandangan jalan dari Probolinggo cukup membuat mata menjadi cerah. Sepanjang jalan disuguhi dengan bentangan laut biru yang jernih dengan tanaman bakau di pinggir pantainya. Dilengkapi dengan jajaran tebing yang membatasi jalan di sisi seberangnya. Sejuk dan segar dengan angin yang semilir membuat perjalanan terasa menyenangkan.

Sepulangnya dari rumah saudara kami mampir sejenak di salah satu pantai yang terkenal di Situbondo. Selain karena tergiur dengan pasir putih yang indah, letaknya yang berada di tepi jalan utama memudahkan kami untuk mencapai pantai tersebut. Ya, kami mampir di Pantai Pasir Putih Situbondo. Pantai ini terletak di dusun Kembangsambi desa Pasir Putih Kecamatan Bungatan Situbondo.

Kami sampai disana masih sangat pagi. Suasana masih remang-remang dan air laut masih dalam kondisi surut sehingga bentangan pantai menjadi lebih luas. Belum ada pengunjung yang datang. Maklumlah masih pagi. Tapi warung-warung yang ada di sekitar pantai sudah buka karena mayoritas adalah warung yang buka 24 jam nonstop. Bahkan kami sudah diminta bayar tiket dan parkir. Meski sepagi itu. Tiket masuknya relatif murah, yaitu Rp. 6000 dan Rp. 3000 untuk parkir motor.

Pantai pasir putih ini sangat terkenal di Jawa Timur. Bentangan pantai dengan pasir putih yang indah, aneka macam koral dan ikan-ikan kecil yang tersebar diantara terumbu karang, serta barisan perahu layar menambah pesona pantai tersebut. Saat musim liburan tiba, selalu dipastikan pantai ini akan penuh pengunjung. Banyak ragam kegiatan yang bisa dilakukan disini. Karena air laut relatif tenang, maka kegiatan seperti berenang, main kano, naik perahu layar, snorkeling atau sekedar bermain pasir di pantai jadi nyaman dilakukan.

Saat musim liburan di pantai ini juga sering diadakan berbagai macam event untuk menarik pengunjung datang. Seperti konser musik, lomba perahu, memancing, dll.

Selain itu fasilitas yang disediakan di pantai ini relatif lengkap. Jajaran hotel dari tarif murah sampai mahal ada di sini. Pengunjung tinggal memilih sesuai budget yang dimiliki. Warung-warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman juga banyak berdiri di area pantai. Musholla dan toilet banyak tersedia. Juga terdapat pusat oleh-oleh khas Situbondo di sana. Pengunjung tidak perlu repot saat sudah berada di lokasi, karena semua sudah tersedia. Saat lelah pengunjung bisa bersantai di bangku-bangku yang disediakan atau naik ke dermaga untuk berswa foto bersama teman-teman atau keluarga.

Yang membuat kami takjub adalah kombinasi pantai dan tebing hijau di seberang. Sungguh cantik dan mempesona. Kombinasi seperti itu sangat jarang kami dapatkan, jadi momen berada di pantai pasir putih ini kami manfaatkan sebaik-baiknya.

Kami memutuskan pulang saat matahari sudah beranjak ke titik kulminasinya. Perjalanan ke Lamongan masih 6 jam lagi. Dan kami tidak ingin terlalu malam sampai di rumah karena esoknya sudah harus kembali pada rutinitas biasa.

Bagi teman-teman yang sedang melakukan perjalanan di pantura, bolehlah mampir sejenak di sana. Sekedar rehat dan menikmati pemandangan indah yang sudah diciptakan oleh Sang Maha Kuasa.