Halaman

Sabtu, 27 Februari 2021

BIG WHY : ALASAN KENAPA NGEBLOG

Mau tahu kenapa saya ngeblog? Apa itu BIG WHY? hehehe aslinya saya juga masih amatir banget nih. Awalnya kenal blog juga karena terpaksa. Waktu itu sedang ikut kelas menulis yang tugas-tugasnya wajib disetor lewat platform blog. Masih blank juga. Yang penting asal isi, nggak tahu ilmunya sama sekali. Tugas kelar, setor. Gitu doang selama sebulanan. Banyak juga yang tanya, kenapa harus blog? ngapain sih ngeblog?. Karena kan banyak platform digital lain yang nggak ribet. Jadi mikir deh dari pertanyaan itu, kenapa ya kok blog, kenapa saya harus ngeblog?

Nah kan. Padahal masih cetek juga ilmunya. Baru juga bisa pasang domain biar alamat blognya agak keren dikit. Belum ngeh yang lain-lain. Tapi cuss lah sambil belajar sambil jalan postingan. Ini juga baru beberapa saja tulisan yang berhasil dibuat (lama banget ternyata bikin postingan blog), tapi pede lah. Asal semangat pasti bisa kan ya.

Apalagi kemarin iseng-iseng ikut lomba, cerpen sih tapi platformnya pake blog. Eh alhamdulillah masih terpilih jadi juara favorit. Seneng? pasti dong, baru mulai mau seriusan ngeblog udah ada pemantik yang bikin makin semangat. 😜

apa-saja-yang-membuat-blog-jadi-pilihan

Terus terang salah satu hal yang bikin saya mau belajar blog lagi adalah karena lihat mbak Jihan dengan ternak blognya yang aduhai banyaknya dan produktif semua. Sukses dong sekarang, saking femesnya sampai ada aja yang iseng mau jatuhin. Tapi mbak Jihan kan kuat dan keren, ada aja senjata buat menghukum si iseng itu. 

Saya tahu proses menuju sukses itu tidak segampang yang orang kira. Pasti butuh banyak waktu, banyak usaha, banyak belajar, dan banyak berkorban. Salah satu yang biasa dikorbankan ya itu, waktu istirahat. Jadi tubuhnya protes dong karena istirahatnya kurang. Tumbang deh 😁

Saya juga masih ragu apa bisa se-konsisten itu. Tapi kalau diusahain InshaAllah akan banyak jalan. Ya kan?

Apa sih Big Way itu?

Kalau secara garis besarnya sih menurut saya Big Why itu semacam niat yang kita tanam sebelum melakukan apa saja, ibadah misalnya. Tanpa niat yang ajeg maka apapun yang kita lakukan tidak akan konsisten dan mungkin akan menghilang di kemudian hari.

Di sinilah pentingnya memiliki Big Why itu. Dalam perjalanan melakukan sesuatu, misalnya saja meraup kesuksesan pasti banyak halangan dan rintangan yang menghadang. Banyak yang kemudian berhenti di tengah jalan karena hal-hal tersebut. Hanya mereka yang memiliki alasan kuat yang akan bisa bertahan menghadapi segala susah senang menuju kesuksesan itu.

Big Why juga bisa disimbolkan sebagai tonggak dimana seseorang mulai melangkah menuju hal-hal yang diinginkan. Ketika terjatuh tonggak itulah yang akan mendorong mereka untuk bangkit kembali.

Lalu apa sebenarnya Big Why atau alasan saya ngeblog? Ada banyak sekali alasan yang kemudian membuat saya memilih platform ini untuk saya kembangkan. Apa sajakah itu, simak di catatan berikut:

Alasan kenapa saya ngeblog

  1. Passion, yang pertama adalah karena saya ternyata sangat suka menulis. Saya juga baru menyadari hal ini beberapa tahun terakhir. Ibaratnya saya sangat terlambat memulai dunia menulis ini. Jadi rasanya ingin berlari cepat untuk mengejar ketertinggalan itu. Dan di blog saya bisa menulis apa saja yang saya inginkan tanpa batasan jumlah karakter atau hal-hal teknis lain. 
  2. Sebagai ajang pembuktian diri, ada orang-orang yang sedikit risih dengan kegemaran saya menulis. Saya sendiri kurang paham kenapa mereka seperti itu. Tapi justru dari situ saya terlecut untuk semakin mengembangkan diri dalam bidang ini. Saya seperti tertantang untuk membuktikan pada mereka bahwa dunia menulis itu bagus, banyak manfaatnya, dan memberi saya kepuasan. Saya ingin membuktikan pada mereka bahwa saya bisa besar di dunia ini, dengan atau tanpa dukungan mereka.
  3. Melatih tulisan non fiksi, Saya termasuk orang yang sangat sulit menulis hal-hal teknis ataupun non fisi. Terbiasa menulis fiksi membuat saya harus memutar otak lebih keras saat akan menulis non fiksi. Berat memang, karena harus scientific dan terjamin keabsahan tulisannya. Di blog ini saya belajar menggali kemampuan menulis non fiksi saya agar lebih berkembang.
  4. Sarana belajar, Mau tidak mau blog telah membuat saya menjadi seorang yang berusaha lebih dan lebih lagi untuk belajar. Mulai dari hal-hal teknis hingga update terbaru yang sedang marak di masyarakat. Untuk membuat satu postingan di blog saya harus banyak membaca literatur agar bisa menyampaikan pokok tulisan dengan baik. 
  5. Melatih daya analisis, Dengan blogging mau tidak mau saya harus bisa mengatur pola berpikir saya. Bagaimana mencari hal-hal baru lalu mengolahnya dengan baik sehingga bisa dibagikan pada masyarakat lewat postingan saya.
  6. Melebarkan sudut pandang, sebagai blogger saya dituntut untuk bisa menempatkan sudut pandang pada berita-berita yang dimunculkan. Ke-orisinalitas penyampaian blogger akan sangat berpengaruh pada berita yang disajikan. Dan ini menjadi nilai tambah bagi kualitas blog. Saya masih dan akan terus belajar mengasah sudut pandang saya sebagai blogger agar bisa menyampaikan suatu hal dengan lebih komprehensif.
  7. Memperluas pertemanan, Secara otomatis saat kita memutuskan untuk terjun dalam dunia blog kita akan bertemu banyak teman baru. Aktivitas Blog Walking memungkinkan kita dapat menjelajah pada banyak teritorial dan tidak terbatas pada satu negara saja. Saling berbalas komentar memungkinkan kita untuk menemukan teman-teman baru di luar sana.
  8. Menjadi lebih bahagia, Tidak bisa dipungkiri bahwa saat tulisan saya dibaca dan diapresiasi oleh banyak orang menimbulkan perasaan bahagia dan puas. Meski masih tertatih-tatih belajar suatu ketika saat tulisan saya bisa dimuat di media atau memenangkan lomba rasanya lega sekali dan ada kebahagiaan yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata.
Apa saja alasan atau big why saya ngeblog


Itulah beberapa alasan kenapa saya ngeblog. Sudahkah teman-teman temukan Big Why teman-teman?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar