BLANTERORBITv102

PERUBAHAN IKLIM

Wednesday, September 13, 2023

 

perubahan iklim





Assalamualaikum, 

Selamat pagi teman-teman semua. Jumpa lagi dengan Witaksara a.k.a saya Marwita Oktaviana.

Kali ini saya akan memberikan materi tentang perubahan iklim. Lho kok?

Pasti kalian bertanya-tanya kenapa di pelajaran dasar kejuruan teknik mesin ada materi perubahan iklim.

Yup di capaian pembelajaran kedua tentang perkembangan industri dan isu-isu global ada indikator pembelajaran mengenai perubahan iklim. Materi tentang perubahan iklim ini digagas oleh Pak Nadiem Makarim selaku menteri pendidikan saat ini untuk menggugah keprihatinan dan memupuk awareness generasi muda pada kondisi lingkungan saat ini.

Tujuan utamanya agar mereka mengerti bagaimana bahayanya kondisi bumi terkini akibat ulah manusia. Kemudian agar generasi muda juga ikut serta dalam aksi nyata penyelamatan bumi. Baik itu dalam skala kecil maupun skala besar. Dimulai dari diri sendiri, menularkan ke orang-orang terdekat, dan kemudian menjadi penggerak masyarakat untuk lebih bisa bertindak tanpa menimbulkan efek buruk bagi lingkungan.

Oke, coba deh kalian ingat-ingat kenapa kok rasanya beberapa tahun ini cuaca semakin panas. Atau kenapa kok curah hujan tinggi sekali dan mengakibatkan banjir dimana-mana.

Nah itu salah satu tanda bahwa ada yang tidak beres dengan kondisi bumi kita. Manusia menyebabkan terjadinya global warming atau pemanasan global yang berakibat pada terjadinya climate change atau perubahan iklim.

Banyak sekali fenomena yang terjadi akibat perubahan iklim ini, misalnya saja kebakaran hutan.

Jadi apa sih sebenarnya perubahan iklim ini? Nah kebetulan sekali saya pernah menuliskan tentang perubahan iklim yang terjadi di sekitar kita. Kalian bisa membaca dulu sebagai referensi di sini dan di sini

Bagaimana? Sudah lebih paham tentang apa itu perubahan iklim?

Nah karena di era 4.0 ini kalian lebih bisa menerima materi melalui media audio visual yuk kita nonton bareng tayangan tentang dampak perubahan iklim yang terjadi di sekitar kita.

KLIK DISINI UNTUK NONTON VIDEONYA

Bagaimana? Ngeri banget ya. Ini sudah terjadi di depan mata lho. Coba bayangkan bagaimana bumi beberapa tahun ke depan kalau kita tidak mau aware dengan perubahan iklim yang terjadi. Bisa-bisa kita semua akan habis digerus bermacam-macam bencana.

KLIK DI SINI UNTUK NONTON VIDEONYA

Lalu bagaimana agar efek perubahan iklim tidak terus menerus terjadi dan merugikan makhluk di bumi?

Coba kalian perhatikan video berikut:

KLIK DI SINI UNTUK NONTON VIDEONYA

Sebenarnya kita pun juga bisa ikut berperan serta mencegah terjadinya perubahan iklim ini. Meski bukan hal besar, tapi dengan perilaku sehari-hari pun bisa berkontribusi positif pada lingkungan. Misalnya saja mematikan lampu dan mencabut stop kontak saat tidak digunakan.

Nah agar lebih mengena, berikut adalah rangkuman dari beberapa materi di atas yang bisa kalian simpan.

Dampak perubahan iklim

dampak perubahan iklim

Gas Rumah Kaca

gas rumah kaca

Cara Jaga Bumi

cara jaga bumi


Setelah membaca dan mencermati video yang ada di atas, agar lebih paham materinya bagaimana kalau kita main game dulu.

Game edukasinya bisa kalian akses di sini.

Bagaimana? Menyenangkan sekali kan game nya? Mau main lagi?

Yuk lah cuss kita buka game berikutnya di sini dan di sini juga.

Capek? Game nya susah?

Eits tunggu dulu, saya butuh sekali refleksi dari kalian tentang materi yang sudah disampaikan. Di bawah ini ada beberapa pertanyaan terkait perubahan iklim yang bisa kalian kerjakan dengan hati riang.

Langsung saja di klik tautan pertanyaannya di sini.

Sebagai bentuk kontribusi kalian untuk mencegah terjadinya perubahan iklim coba berikan contoh kegiatan harian kalian selama seminggu yang bisa berkontribusi terhadap pencegahan perubahan iklim.

Di sini kalian bebas melakukan apa saja sesuai dengan apa yang menjadi passion kalian. Ini juga termasuk dalam pembelajaran berdiferensiasi. Semangat berbeda menjadikan kita kaya!

Yuk kita bikin jurnalnya dengan klik di masing-masing harinya. Selamat berjuang menjadi agen perubahan. Bumi sehat, kita selamat.

Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan materi mengenai perubahan iklim. Semoga kalian bisa menangkap dan memahami materi dengan baik dan melakukan aksi nyata untuk merubah bumi menjadi lebih baik lagi!

Sebagai bentuk refleksi coba kalian mencari tahu tentang kearifan lokal yang dilakukan oleh masyarakat adat yang ada di Indonesia, yang secara tidak langsung ternyata mampu memberi kontribusi pada pencegahan climate change dan ikut menjaga bumi.

Hasil refleksi kalian bisa diunggah ke link berikut:

Kearifan lokal desa adat untuk bumi lebih baik.


Salam pembelajar!


Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Gas_rumah_kaca

https://dlhk.jogjaprov.go.id/mengenal-lebih-dekat-gas-rumah-kaca

http://ditjenppi.menlhk.go.id/kcpi/index.php/info-iklim/dampak-fenomena-perubahan-iklim

https://indonesiabaik.id/infografis/mengenal-perubahan-iklim-faktor-dan-dampaknya

https://www.gramedia.com/literasi/cara-mengatasi-pemanasan-global/

https://www.idntimes.com/science/experiment/mohammad-yusuf/cara-mencegah-pemanasan-global-c1c2

www.semarangkota.co.id

https://hijauku.com/2013/11/22/n2o-polusi-iklim-yang-terlupakan/

www. jurnal.lapan.co.id



Author

Marwita Oktaviana

Blogger, Book lover, Writing Enthusiast, A friend of a many students

  1. Anak-anak di sekolah kalau pake metode seperti pasti pada sukadan semangat belajarnya, sekalian memperkenalkan blog juga, ada link game edukasinya lagi. Wih.. kebayang serunya

    ReplyDelete
  2. Edukasi perubahan iklim ini penting dimulai sejak kanak2 ya spya mereka semakin peduli lingkungan dan bisa bertindak langsung menjaga lingkungan misal tidak buang sampah sembarangan

    ReplyDelete
  3. Wah emang materi lingkungan kaya gini menurutku perlu dimasukkan juga meski jurusannya teknik atau jurusan apapun perlu banget mengenal lingkungannya sendiri karena hal-hal untuk menjaga bumi dilakukan oleh semua orang termasuk para siswa juga. Siswa mudah paham kalau metode belajarnya kaya gini. Dijelaskan dengan video juga. Siswa dan kita semua perlu peduli sama dampak yang ditimbulkan oleh perubahan iklim.

    ReplyDelete
  4. Wah kakak anak kejuruan? Keren kak bisa sharing dalam bentuk artikel seperti ini, sekalian kasih awareness ke pembaca tentang urgensi perubahan iklim. Sekarang ini udah berasa banget sih makin nggak jelas cuacanya, dulu berasa bgt Januari musim ujannya. Sekarang kok kaya pending ya hihi. Semoga jurnal lingkungan dan awarenenss begini makin banyak diserukan terutama untuk anak sekolah :) semangat!

    ReplyDelete
  5. Kita jaga bumi yang satu,saatnya lebih peduli dengan alam sekitar yuk bisa yuk

    ReplyDelete
  6. Menarik nih metodenya, yuk jaga bumi mulai sekarang dari yang kita bisa dulu, perlahan meningkat dan konsisten melakukannya

    ReplyDelete
  7. Cabut colokan charger hp ini biasanya yang sering lupa, terus buang sampah masih seseuka hati. Dan lagi klobelanja masih malas bawa tas sendiri. Mungkin harus lebih dipahamkan kelapisan masyarakat, bahwa hal itu berdampak pada perubahan iklim yang ekstrim.

    ReplyDelete
  8. Banyak cara untuk menyelamatkan bumi, saatnya peduli dengan planet yang kita tinggali, jaga lingkungan adalah kunci

    ReplyDelete
  9. Menarik banget metode pembelajarannya, Kak... Dengan metode seperti ini anak-anak jadi lebih cepat paham dan dapat terintegrasi dalam keseharian hidupnya, ya... Salah satu cara menjaga bumi yang masih sulit saya lakukan adalah menghapus email. Berasa PR banget nih menghapus ribuan email, hwkwkwkwk...

    ReplyDelete
  10. Semakin terharu, jika membaca literasi menyoal perubahan iklim, Tak ada habisnnya ya, dan memang ini menjadi peer bersama. Selalu ada cara buat ikutan beraksi, tinggal sekarang, nanti, atau besok. Semoga makin banyak yang melek dan beraksi dari sekarang. Bukan menundanya lagi

    ReplyDelete
  11. Masya Allah, ada jadwal progress harian yang bisa diisi dengan kegiatan dan melampirkan foto juga. makin asik kontribusi untuk kebaikan lingkungan ini.

    ReplyDelete
  12. Saya paling bermasalah saat perubahan iklim tapi dengan informasi ini setidaknya memberikan informasi penting soal bagaimana mengatasi masalah tersebut

    ReplyDelete
  13. Perubahan iklim harus paham betul tiap kondisi saat itu, tp kita juga harus paham mana aja yg bikjn lingkungan tercemar yg mengakibatkan gas rumah kaca.

    ReplyDelete
  14. perubahan iklim ini emang PR dan tanggung jawab bersama, pas banget nih ini habis bersih-bersih email dan ternyata mayan juga yang harus dihapus, kadang hal kecil seperti ini kita gak sadari sih padahal kenyataannya itu adalah salah satu aksi nyata kita untuk menjaga Bumi.

    ReplyDelete
  15. kadang kala, cara menjaga bumi paling simple yang kadang kita seing lupa itu penggunaan energi listrik yaa. padahal ini langkah yang paling awal untuk perubahan iklim

    ReplyDelete
  16. Boleh jadi cara jaga bumi ini terbilang sederhana dan dianggap nggak punya manfaat banyak. Namun jika dilakukan secara bersama yakin deh suatu hari di depan nanti akan ada dampaknya bagi anak cucu kita, ya, Kak. Mulai aja dulu.

    ReplyDelete